Breaking News:

Bank BRI

BRI Sukseskan Penyaluran Program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro, Kemenkop UKM Tahap I

Program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) digulirkan pemerintah untuk pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia.

Editor: Alpri Widianjono
BANK BRI
Suasana dalam acara peluncuran Program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM), Senin (24/8/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA – Upaya akselerasi pemulihan perekonomian melalui stimulus Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terus dilakukan pemerintah.

Salah satu program terbaru adalah Program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) yang digulirkan bagi pelaku usaha mikro dengan kreteria tertentu sebagaimana diatur dalam Permenkop No 6 Tahun 2020.

Pertama, diberikan satu kali dalam bentuk uang sebesar Rp 2,4 juta kepada pelaku usaha mikro yang memenuhi kriteria tidak sedang menerima kredit atau pinjaman dari Bank dan bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI, anggota kepolisian, pegawai BUMN atau pegawai BUMD.

Kedua, diberikan kepada pelaku Usaha Mikro untuk kegiatan produktif menjalankan usaha di tengah krisis akibat pandemi Covid-19.

Ketiga, dana BPUM disalurkan langsung ke rekening penerima BPUM di Bank penyalur dan selanjutnya dapat dicairkan di Bank Penyalur setelah penerima BPUM melengkapi dokumen serta divalidasi oleh petugas Bank.

Kementerian Koperasi dan UKM RI bertanggung jawab penuh terhadap validasi data calon penerima bantuan yang diusulkan oleh lembaga pengusul BPUM meliputi Dinas Koperasi dan UKM provinsi dan kabupaten /kota, koperasi, perbankan dan perusahaan pembiayaan, atau Lembaga penyalur Program Kredit pemerintah.

Kementerian Koperasi dan UKM RI secara resmi melakukan peluncuran program Banpres Produktif di Istana Negara Senin (24/8/2020), dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Dalam gelaran tersebut, terdapat 20 penerima bantuan mendapatkan kehormatan untuk hadir dalam peluncuran Banpres Produktif untuk Usaha Mikro dan berdialog dengan Bapak Presiden RI Joko Widodo.

Selain itu, hadir juga 5.000 penerima BPUM melalui video conference bertempat di 462 unit kerja BRI dan 4 lokasi Teras Kapal di Kepulauan Anambas, Kepulauan Seribu, Kepulauan NTT-Labuan Bajo dan Kepulauan Halmahera. Jumlah unit kerja yang ikut dalam peluncuran Banpres Produktif ini mewakili lebih dari 9.500 unit kerja BRI di seluruh Indonesia.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved