Breaking News:

Berita Kalteng

Masyarakat Diharapkan Dukung Program KB, Ragam Upaya Dilakukan DP3APP-KB Kapuas

Beberapa cara ntuk mencegah ataupun menunda kehamilan, di antaranya menggunakan pil, suntik KB, implan dan metode KB lainnya.

DP3APP-KB KABUPATEN KAPUAS UNTUK BPOST GROUP
Sugiyanto, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (PP) DP3APP-KB Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Upaya menekan kepadatan penduduk, program Keluarga Berencana atau KB sejak lama digaungkan pemerintah. Demi,  membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran.

Keluarga berencana juga dapat diartikan sebagai usaha untuk mengukur jumlah dan jarak anak yang diinginkan. "Terkait itu, jumlah pengguna KB di Kabupaten Kapuas bisa dikatakan cukup tinggi," kata Sugiyanto, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (PP) DP3APPKB Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, belum lama tadi.

Dilanjutkannya, beberapa cara atau alternatif untuk mencegah ataupun menunda kehamilan, di antaranya menggunakan pil, suntik KB, implan dan metode KB lainnya.

"Perlu diketahui, ber-KB tidak hanya untuk perempuan saja, namun lelaki juga dapat menggunakan KB dengan vasektomi dan tubektomi," ujar Sugiyanto.

Penerapan Protokol Kesehatan Diutamakan KPU Kapuas Saat Laksanakan Tugas Pilkada Kalteng 2020

Kemenag RI Pantau dan Evaluasi Bantuan Operasional Pesantren di Kabupaten Kapuas, Ini Tujuannya

VIDEO Melihat Potensi Perikanan di Kelurahan Panamas Kapuas, Mayoritas Warga Budidaya Ikan Patin

Lapor Jika Ada Pembangunan dan Pelayanan Publik di Kapuas Tidak Beres, Begini Caranya

Selanjutnya Sugiyanto menyampaikan dalam program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini adalah untuk mengatur jumlah jarak kelahiran.

"Namun pada saat ini juga yang jadi sasaran BKKBN adalah untuk peningkatan kualitas penduduk," lontarnya.

Sejumlah program dilakukan DP3APP-KB Kabupaten Kapuas. Di antaranya Program Kampung KB, Sekolah Siaga Kependudukan dan lainnya, guna meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat.

"Program Kampung KB harus benar-benar dijalankan oleh PKB nya dan masyarakat ikut mendukung karena program kampung KB bukan hanya milik BKKBN, melainkan milik seluruh elemen masyarakat," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved