Breaking News:

BPost Cetak

Pilgub Kalsel 2020, Ini Empat Langkah Denny Indrayana Selamatkan Meratus

Penyelamatan Pegunungan Meratus menjadi salah satu isu yang dibawa pasangan calon peserta Pilkada Kalsel 2020.

BPost Cetak
BPost Edisi, Selasa (24/11/2020). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI  - Penyelamatan Pegunungan Meratus menjadi salah satu isu yang dibawa pasangan calon peserta Pilkada Kalsel 2020.

Peristiwa ini menjadi kritik sejumlah eksponen pemuda di Hulu Sungai Tengah (HST) karena dengan mudahnya semua paslon menjadikan isu tersebut sebagai bahan kampanye hingga terkesan menjadi ‘jualan murah’.

Hal ini mengemuka dalam perbincangan puluhan pemuda tergabung dalam berbagai organisasi dan kelompok milenial Murakata, dengan calon Gubernur Kalsel Denny Indrayana, pada Minggu ( 22/11) malam.

Ainil, perwakilan dari Pemuda Pancasila yang juga pegiat lingkungan, mempertanyakan komitmen dari paslon di Pilkada, agar isu Meratus tak sekadar jadi dagangan politik.

Baca juga: Menikmati Keindahan Pegunungan Meratus dari Bukit Arta Kabupaten Banjar

Baca juga: Bebatuan Langka Berusia Ratusan Juta Tahun Ditemukan di Pegunungan Meratus Tanahbumbu

Menanggapi hal ini, Wamenkum HAM era Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, perlunya melihat rekam jejak atau track record calon.

Apakah yang bersangakutan pernah memiliki komitmen atau tidak terkait perjuangan lingkungan.

“Saya kira teman-teman bisa melihat melalui track recordnya. Apakah dia pernah berjuang atau bagian dari kolaborasi dengan pelaku eksploitasi lingkungan,” kata mantan staf khusus presiden bidang pemberantasan korupsi ini.

Haji Denny--panggilan Denny Indrayana, menyampaikan, sebagai calon yang berkomitmen soal pelestarian lingkungan dan masyarakat adat, persoalan Save Meratus harus dilihat lebih utuh.

“Bagi saya Save Meratus bukan sekadar tak adanya tambang, tapi juga pada perlindungan hak ulayat masyarakat yang hidup di kawasan Meratus,” kata paslon nomor urut 2 ini.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved