Breaking News:

Berita Kalteng

Hadapi Ancaman Karhutla, 17 Kecamatan di Kapuas Dilengkapi Kendaraan Roda Tiga dan Alat Pemadam

Hadapi ancaman Karhutla, 17 kecamatan di Kapuas mendapatkan bantuan kendaraan roda tiga dan alat pemadam

banjarmasinpost.co.id/fadly setia rahman
Penyerahan kendaraan roda tiga dan alat pemadam untuk 17 kecamatan di Kabupaten Kapuas. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pemkab Kapuas melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah merealisasikan pengadaan kendaraan roda tiga berikut mesin pemadam untuk 17 Kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas.

Penyerahan secara simbolis telah dilakukan oleh Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor di Halaman Kantor Bupati Kapuas Jalan Pemuda, Senin (7/12/2020).

Pengadaan kendaraan roda tiga tersebut adalah dalam rangka memperkuat sumberdaya di kecamatan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Kapuas.

Sehingga dapat membantu dan berperan aktif dalam penanganan karhutla di kecamatan-kecamatan.

Baca juga: Penanganan Pencegahan Karhutla di Kalimantan Tengah Tahun 2020 Dinilai Sukses

Baca juga: Gencar Sosialisasi Larangan Membakar Lahan, Hotspot dan Karhutla Kalteng Menurun

Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor dalam arahannya menyampaikan serta berpesan, agar barang-barang ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dan di pelihara.

"Semoga dengan alat, sarana dan prasarana yang ada dapat mencegah dengan cepat kebakaran hutan dan lahan di lingkungan kecamatan masing-masing," ungkap Nafiah.

Dirinya juga sampaikan agar masing-masing kecamatan dapat menunjuk petugas teknis dalam penggunaan Kendaraan Roda Tiga berikut mesin pemadam, sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Diharapkannya Camat untuk menggerakan masyarakat lingkungan kecamatan untuk mengunakan dan memanfaatkan alat-alat pencegahan kebakaran ini.

Baca juga: Personel Polsek Kapuas Timur Gencarkan Sosialisasi Cegah Karhutla

"Sehingga api dapat ditanggulangi, serta berharap agar camat membuat pos tempat sebagai wadah atau tempat alat-alat disimpan, serta dengan adanya alat ini jika ada teridentifikasi kebakaran segera dapat ditanggulangi," pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah, Septedy, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, H Junaidi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kusmiatie, seluruh camat se-Kabupaten Kapuas dan seluruh undangan.

(banjarmasinpost.co.id/fadly sr)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved