Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Kebun Karet Seluas 1.358 Hektare di Kalsel Terdampak Banjir

Banjir merendam perkebunan karet di sejumlah daerah di Provinsi Kalsel sehingga merugikan para petani.

banjarmasin post group/isti rohayanti
ILUSTRASI - Petani Karet Desa Damithulu, Batuampar, Tanahlaut, Ismanto menunjukan kedalaman air yang membanjiri kebun karet warga setempat. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU -  Dua sektor yang jua terdampak banjir di Kalimantan Selatan adalah perkebunan karet dan perkebunan kelapa sawit.

Banjir di Kalimantan Selatan cukup berdampak pada usaha di perkebunan karet dan perkebunan kelapa sawit.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Suparmi, Kamis (4/2/2021), terkait cukup luas areal yang terendam.

Pada perkebunan karet, lahan yang terdampak banjir seluas 1.358 hektare. Tiga daerah, Kabupaten Balangan, Kabupaten HST dan Kabupaten Banjar, cukup banyak arealnya yang terdampak. 

"Untuk karet, ada yang terendam pada masa peremajaan dan alat sadapnya ikut hanyut. Untuk sawit, ada di Kabupaten Banjar yang juga terendam," kata Hj Suparmi.

Puncak Kenaikan Harga, Karet Kalsel Tembus Rp 19.500 Per Kilogram

Gapki Pusat Prediksikan Produksi Sawit Mencapai 49 Juta Ton di 2021

Sedangkan dari total luasan 426.445 hektare kebun sawit, sekitar 990 hektare terdampak banjir. Kerugian ditaksir hingga miliaran rupiah.

Sebab, petani kelapa sawit dalam modal per hektarenya sekitar Rp 37 juta. Namun, rata-rata lahan sawit rakyat yang terdampak adalah di luar anggota kelompok Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (Gapki) Kalsel.

Diuraikannya, data perkebunan yang  terdampak ini didapat dari petugas Perkebunan di Kabupaten kota dan juga laporan langsung. 

"Kalau ditotal, bukan hanya karet dan sawit tapi juga termasuk perkebunan lainnya, maka di sektor perkebunan mengalami kerugian sementara Rp 7,1 miliar," sebutnya. 

Halaman
123
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved