Breaking News:

Tes Covid 19

Berlaku Mulai 9 Februari, Penumpang Pesawat Usia 5 Tahun ke Atas Wajib Tes PCR atau Antigen

Kementerian Perhubungan mewajibkan semua penumpang dengan kategori anak berusia di atas 5 tahun untuk tes kesehatan berupa PCR/rapid tes antigen.

Editor: Anjar Wulandari
Dok. Pixabay/Stela Di
Ilustrasi suasana penumpang dalam pesawat yang lagi terbang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA -Untuk memutus penyebaran covid-19 melalui klaster transportasi udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewajibkan semua penumpang dengan kategori anak berusia di atas 5 tahun untuk tes kesehatan berupa PCR/rapid tes antigen.

Katentuan ini telah berlaku mulai 9 Februari 2021. Ketentuan ini juga tertuang dalam persyaratan terbaru perjalanan penumpang pesawat rute domestik perseroan.

Kebijakan itu sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 19/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19,

dan SE Kementerian Perhubungan Nomor 21/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Video Warga Terobos Banjir dengan Gotong Keranda Mayat Jadi Viral: Kalau Memutar 7 Kilometer

IMLEK 2021: Shio Beruntung Jumat 12 Februari 2021, Shio Monyet Perhatikan Nasihat Teman Baik

"Iya. memang terdapat perubahan aturan pengecualian tersebut untuk anak di bawah usia 5 tahun dari sebelumnya anak di bawah 12 tahun menyesuaikan dengan Satgas, setelah melalui berbagai pertimbangan dan rekomendasi epidemiolog," kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto, Kamis (11/2/2021).

Novie menjelaskan, dalam SE Nomor 19/2021 itu disebutkan persyaratan menunjukkan hasil dokumen kesehatan berupa PCR/rapid tes antigen dengan hasil negatif tidak berlaku bagi penumpang anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun.

Ilustrasi tes Covid-19, deteksi Covid-19, pengujian virus corona.
Ilustrasi tes Covid-19, deteksi Covid-19, pengujian virus corona. (SHUTTERSTOCK)

Sementara dalam SE Nomor 10/2021 yang terbit sebelumnya tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara, pengecualian dilakukan bagi anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Secara umum dalam SE Kementerian Perhubungan Nomor 19/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19 itu diatur bahwa selain penerbangan ke Bali, maka calon penumpang pesawat wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Adapun untuk penumpang dari dan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, persyaratannya lebih ketat.

Mereka wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam atau hasil tegatif rapid tes antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Pesan Jokowi Pada Perayaan Imlek di Tengah pandemi Covid-19: Gong Xi Fa Cai

Masih Pandemi Covid 19, LPTQ Kotabaru Batasi Jumlah Peserta MTQ

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved