Breaking News:

Mengenal Edible Flower

Berikut Cara Mudah Budidaya Edible Flower Jenis Bunga yang Dapat Dikonsumsi

Cara budidaya atau menanam edible flower terbilang cukup mudah. Hal pertama harus dilakukan adalah memilih jenis edible flower yang ingin ditanam.

banjarmasinpost.co.id/Danti Ayu
Pengelola kebun percontohan PKK Banjarmasin 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Cara budidaya atau menanam edible flower terbilang cukup mudah. Hal yang pertama harus dilakukan adalah memilih jenis edible flower yang ingin ditanam.

Bibit edible flower biasanya dapat dengan mudah dibeli di toko yang menjual tumbuh - tumbuhan, atau bisa juga didapat dengan membeli secara online.

Pastikan  untuk membeli benih yang memiliki daya kecambah 90 persen.

Selanjutnya siapkan media tanam berupa tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos organik.

Baca juga: Mengenal Jenis Edible Flower, Bunga yang Dapat Dikonsumsi dan Jadi Hiasan Hidangan Kuliner

Baca juga: Beberapa Jenis Edible Flower yang Populer dan Biasa Ditemui di Sekitar

Baca juga: Edible Flower Sebutan Jenis Bunga yang Bisa Dimakan, Berikut Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Setelah itu masukan media tanam ke dalam polybag berukuran sedang. Jauhkan dari lokasi yang dapat terpapar asap kendaraan atau polusi.

Biarkan selama satu minggu sebelum ditanami benih. Setelah media tanam dan benih siap maka tahap selanjutnya ialah melakukan penanaman.

Buat lubang tanam sedalam 1-0,5 cm untuk benih yang berasal dari biji, sedangkan benih yang berasal dari umbi maka buat seukuran umbi yang akan di tanam.

Satu hari sebelum di tanam  sebaiknya benih biji di rendam terlebih dahulu, kemudian ambil bagian yang tenggelam di bawah permukaan air untuk ditanam.

Untuk benih yang berasal dari umbi sebaiknya dibiarkan di tempat yang sejuk, dingin dan lembab agar bertunas dahulu baru kemudian ditanam.

Setelah di tanam, tutup kembali lubang tanam hingga benih tidak nampak. Lakukan penyiraman secara rutin yakni 2 hari sekali dengan menggunakan air bersih.

Tunggu hingga 5-7 hari sampai benih berkecambah atau bertunas. Biasanya edible flower akan mulai berbunga ketika usianya sudah mencapai 3 bulan.

(banjarmasinpost.co.id/Danti Ayu)

Penulis: Danti Ayu Sekarini
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved