Breaking News:

Kampusiana

Pelaksanaan SNMPTN dan SPAN PTKIN 2021, Kuota ULM Banjarmasin Capai 6 Ribu

Dalam rangka pelaksanaan SNMPTN 2021 ini, ULM Banjarmasin telah menyampaikan daya tampung ke Dikti yang mencapai 6 ribu lebih

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
Capture laman ltmpt.ac.id
Jadwal tahapan SNMPTN 2021. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) telah melaksanakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Seleksi tersebut dilaksanakan terhitung sejak tanggal (15/02) hingga (24/02), melalui portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Terkait hal tersebut Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Lambung (ULM), Dr H Aminuddin Prahatama Putra menjelaskan, bahwa pihaknya sudah mengirimkan jumlah total daya tampung kampus pada Januari lalu.

Sebab kuota SNMPTN 2021 ini hanya 20 persen dari total daya tampung kampus, untuk tahun ini Total Daya Tampung ULM Banjarmasin sebanyak 6 ribu lebih.

Baca juga: Urutan Cara Daftar KIP Kuliah 2021, Login kip-kuliah.kemdikbud.go.id Ikut SNMPTN 2021

Baca juga: DOWNLOAD Panduan Pendaftaran SNMPTN 2021 di Sini atau Login Akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id

Baca juga: VIRAL Postingan Anda Tidak Berhak Mengikuti SNMPTN 2021, LTMPT: Mungkin Siswa Tidak Eligible

"Tahun ini daya tampung kami kira-kira 6.500, dan 20 persennya adalah kuota untuk peserta SNMPTN ini," katanya. Kamis (18/02/2021).

Lanjut Aminuddin menjelaskan total daya tampung tersebut berdasarkan data dari 11 Fakultas dan 66 Prodi di ULM Banjarmasin.

Sementara itu berbeda halnya dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), yang baru akan memulai Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) pada tanggal (19/02) hingga (15/03).

Dijelaskan Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Dr H Hamdan untuk tahun ini, kuota penerimaan mahasiswa baru jalur SPAN yakni sebanyak 420.

Kuota tersebut juga di ambil dari 20 persen total daya tampung kampus, yakni sebanyak 2.100 mahasiswa.

"Ada 2.100 total daya tampung kampus untuk tahun ini, total kuota SPAN 20 persennya dari total itu," ungkapnya.

Baca juga: Cara Mendaftar SNMPTN 2021 di Login portal.ltmpt.ac.id Selain SBMTPN dan Jalur Mandiri

SNMPTN atau pun SPAN PTKIN merupakan proses masuk perguruan tinggi melalui jalur akademik dan prestasi non akademik.

Pesertanya khusus bagi para murid yang masih duduk di bangku kelas 12. Dilaksanakan secara nasional dan tanpa dipungut biaya atau gratis. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved