Breaking News:

Bisnis Rotan Kalteng

Menilik Bisnis Rotan Kalteng, Rotan Katingan Terbaik di Dunia

Pemerintah Kalimantan Tengah dan Kabupaten Katingan sejak dulu berupaya menjadikan tanaman rotan sebagai tanaman andalan bagi warga pinggiran Sungai K

banjarmasinpost.co.id / faturahman
Salah satu kerajinan rotan Katingan Kalteng adalah rak atau tempat parsel. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Kalimantan Tengah dan Kabupaten Katingan sejak dulu berupaya menjadikan tanaman rotan sebagai tanaman andalan bagi warga pinggiran Sungai Katingan yang memanfaatkannya.

Perhatian pemerintah pusat dan pemerintah Kalteng juga Pemerintah Katingan sangat besar untuk pengembangan rotan di kabupaten tersebut, karena rotan katingan selama ini dikenal sebagai rotan dengan kualitas terbaik didunia.

Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing adalah mantan Bupati Katingan selama dua periode yang saat menjabat sebagai Bupati Katingan sangat kosen untuk pengembangan rotan untuk dijadkan barang jadi.

Bahkan sebut, Duwel, dia juga menjadikan salah satu SMK di Katingan sebagai sekolah yang siswanya diajari keahlian khusus untuk pemanfaatan rotan sebagai barang kerajinan.

Baca juga: Menilik Bisnis Rotan Kalteng, Masih Banyak Terdapat di Pinggiran Sungai

Baca juga: VIDEO Petani Rotan Kalteng Kembali Bergairah Harga Rotan Mulai Naik

Baca juga: Dongkrak Sektor Kerajinan Rotan Pengrajin di Kapuas, Ini Upaya Disdagperinkop

"Kualitas rotan Katingan tidak disangsikan, karena diakui dunia sebagai rotan terbaik sehingga saat menjabat Bupati Katingan, saya datangkan tenaga ahli untuk pengolahan rotan menjadi barang jadi seperti mebel di sekolah tersebut," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved