Breaking News:

Berita Balangan

Tiga Posko Check Point Didirikan untuk Periksa Pengendara Mudik di Balangan

Polres Balangan beserta jajaran dirikan tiga pos check point pada perbatasan di wilayah Balangan. Hal ini sebagai upaya Polres Balangan

banjarmasinspost.co.id/isti rohayanti
Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid saat diwawancara awak media 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Polres Balangan beserta jajaran dirikan tiga pos check point pada perbatasan di wilayah Balangan. Hal ini sebagai upaya Polres Balangan untuk pengawasan dan pengamanan larangan mudik untuk pencegahan penyebaran Covid 19.

Dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Intan 2021, selain keamanan lalu lintas jelang sebelum dan sesudah Idul Fitri, fokus giat pun tak lepas dari pengawasan dan pencegahan serta upaya meminimalisir penyebaran Covid 19 di Balangan.

Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid menerangkan, ada 160 personel terdiri dari pasukan gabungan TNI Polri, BPBD Kabupaten Balangan, Satpol PP, Pramuka, Dinkes dan Dishub Kabupaten Balangan yang siap dalam giat Operasi Ketupat Intan 2021.

"Kami juga sudah mendirikan beberapa pos check point pada beberapa lokasi perbatasan dan satu pos pengamanan terpadu," jelas AKBP Nur Khamid usai apel gelar pasukan Operasi Terpusat Ketupat Intan 2021 di Mako Polres Balangan, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Dukung Pembatasan Arus Mudik Lebaran, Pemko Banjarmasin Perketat PPKM Mikro

Baca juga: Bupati Balangan Tegaskan Larangan Mudik, Khususnya untuk ASN

Baca juga: Korlantas Siapkan 381 Titik Pos Penyekatan, Nekat Mudik Akibatnya Putar Balik atau Denda

Baca juga: Peniadaan Mudik dan Operasi Ketupat Intan 2021 Dimulai Besok, 1.500 Pasukan Gabungan Diterjunkan

Tiga lokasi yang dimaksud yakni perbatasan Balangan-Tabalong, Balangan-Hulu Sungai Utara dan Balangan-Hulu Sungai Tengah. Sementara satu pos pengamanan terpadu berada di Pos Lantas Polres Balangan , Jalan A Yani 0 KM Paringin. Kemudian didukung pula satu posko terpadu Satgas Covid 19 di Pasar Paringin.

Giat Operasi Intan 2021 sasarannya yakni pengendara yang melintas ke Balangan. Dimana pada post check point, mereka akan diinformasikan perihal larangan mudik. Selain itu dilakukan pula rapid test antigen guna meminimalisir penyebaran Covid 19.

"Apa yang kami lakukan ini guna antisipasi adanya klaster baru saat lebaran," jelas AKBP Nur Khamid.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Intan 2021 akan dimulai sejak tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021 mendatang. Para personel pun akan dikerahkan penuh untuk giat tersebut.

Lebih lanjut, AKBP Nur Khamid juga mengimbau agar masyarakat menunda mudik dan lebih berhati-hati dalam menjalankan silaturahmi. Terlebih, tidak mengetahui status kesehatan dari orang yang ditemui, apalagi yang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG)

"Pada intinya untuk mencegah penyebaran Covid 19, gunakan masker dan ikuti petunjuk aturan dari pemerintah," tutupnya. (banjarmasinspost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved