Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Survei Tim BirinMu Sebut Unggul Dalam Elektabilitas Jelang PSU Pilgub Kalsel

Hasil survei Charta Politika Indonesia jelang PSU Pilgub Kalsel, BirinMu memperoleh 59,9 persen, H2D memperoleh 22,1 persen, tidak menjawab 18 persen

BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI
Rifqinizamy Karsayuda (tengah), ketua tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan, BirinMu. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lembaga Survei Charta Politika Indonesia membandingkan elektabilitas dua calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan.

Pengumpulan data dilakukan 17 hingga 22 Mei 2021 dengan tatap muka dan kuesioner terstruktur, jumlah sampel 1.740 responden di wilayah Pemungutan Suara Ulang ( PSU Pilgub Kalsel ).

Hasil didapat, pasangan calon Sahbirin Noor dan Muhidin (BirinMu) memperoleh 59,9 persen dan calon gubernur Denny Indrayana dan Difriadi (H2D) 22,1 persen dan tidak menjawab 18 persen.

Survei dilakukan dengan metode acak bertingkat dengan margin of error 2,3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, 40 Orang Meninggal Masuk Daftar Pemilih di Binuang, ini Kata KPU Tapin

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Tapin Temukan 40 Orang Meninggal Masuk Daftar Pemilih

Ketua tim pemenangan Paslon nomor urut 01, Rifkinizamy Karsayuda, Rabu (26/5/2021), mengatakan survei Charta Politika merupakan lembaga survei yang kredibel dan terpercaya di tingkat nasional.

Ditanya akankah tim pemenangan membayar lembaga survei, ia membantah.

"Kami tidak pernah membayar lembaga survei. Survei ini menggunakan metode ilmiah dan etika profesional,"  ujarnya.

Ia berharap hasil survei memberikan semangat dan optimisme para pendukung BirinMu untuk PSU Pilgub Kalsel. "Kami berharap hasilnya konsisten dan kami tetap Istiqomah," tambahnya.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, KPU Minta Paslon Tak Pasang Spanduk, Bawaslu Terima 18 Laporan Pelanggaran

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Banjar Temukan Indikasi Pelanggaran di Rekrutmen KPPS

Sebelumnya, tim H2D juga mengeluarkan hasil survei SMRC tentang 74 persen pemilih di Banjarmasin memilih dalam pemilu karena uang.

Selain itu juga, dalam surveinya, H2D mengeluarkan survei dari Banua Indicator menyebut 48 persen memilih Denny Indrayana dalam PSU Pilgub Kalsel nanti, 38 persen memilih Sahbirin Noor dan 18 persen belum menentukan. Disebutkan juga, survei tersebut diambil di wilayah PSU.

Pelaksanaan PSU nanti, merupakan penetapan dalam sidang di MK, terkait hasil Pilgub Kalsel 2020 yang saat itu BirinMu meraih suara lebih, dibandingkan Deny-Difiradi.

Ikrar PSU Damai, Kamis (20/5/2021).
Ikrar damai jelang pemungutan suara ulang pemilihan gubernur (PSU Pilgub), bertempat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (20/5/2021). (banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Jadwal yang ada, PSU Pilgub Kalsel digelar 9 Juni nanti dengan dua pasangan calon, yakni nomor urut 01 Sahbirin Noor dan Muhidin, nomor urut 02 Denny Indrayana dan Difriadi. 

Nanti, PSU Pilgub Kalsel digelar di satu kecamatan di wilayah Kota Banjarmasin, di lima kecamatan di wilayah Kabupaten Banjar, serta satu kecamatan di wilayah Kabupaten Tapin.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved