Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

250 KTP Elektronik Pemilih PSU Pilgub Kalsel Rusak, Kantor Disdukcapil Tetap Buka di Hari Libur

Disdukcapil di wilayah yang akan menyelenggarakan PSU Pilgub tetap membuka layanan kependudukan di hari libur

banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi
Suasana di pintu depan Kantor Disdukcapil Banjarmasin. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Mulai hari ini Sabtu (5/6/2021) hingga 8 Juni 2021 kantor Disdukcapil di tiga kabupaten kota yang menjadi wilayah Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel tetap buka melayani administrasi kependudukan masyarakat.

"Iya mulai 5, 6, 7, sampai 8 Juni, warga yang akan ikut dalam PSU Pilgub Kalsel bisa mendatangi kantor Dukcapil setempat selama jam kerja berlangsung," ungkap Kepala Disdukcapil Kalsel, Irfan Sayuti, Sabtu (5/6/2021).

Sebelum penyelenggaraan PSU Pilgub Kalsel, ia mengharapkan warga yang masuk dalam DPT pada 9 Juni mendatang dan belum memiliki Kartu Tanda Kependudukan (KTP) asli bisa mendatangi langsung Disdukcapil daerah masing-masing.

Wilayah PSU Pilgub Kalsel mencakup lima Kecamatan di Kabupaten Banjar, satu di Kecamatan Banjarmasin Selatan di Kota Banjarmasin dan satu Kecamatan di Binuang.

Baca juga: Ribuan Surat Suara PSU Pilgub Kalsel 2020 Kecamatan Banjarmasin Selatan Rusak

Baca juga: Jelang PSU Pilgub Kalsel 2020, Pemko Banjarmasin Menunggu Kepastian Libur

Disdukcapil Kalsel, tambah Sayuti, juga sudah berkoordinasi sepenuhnya dengan Disdukcapil di tingkat kabupaten/kota yang akan menggelar pelaksanaan PSU pada 9 Juni mendatang.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Banjar Azwar mengaku siap membantu apabila ada masyarakat di wilayah PSU yang sampai saat ini belum memiliki administrasi kependudukan seperti KTP.

"Pemilih yang terdaftar yang masih belum mempunyai KTP atau merekam ke TPS dan siap dilayani dengan membawa semacam surat pengantar dari KPPS atau desa berdasarkan hasil koordinasi dengan KPUD dan Disdukcapil," jelasnya

Sementara Plt Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin Rijani melalui Seksi Administrator Database (ADB) Deddy mengungkapkan terdapat ratusan administrasi kependudukan milik warga di wilayah PSU yang dinyatakan rusak.

Baca juga: Dorong Difabel Berwirausaha, PLN Kalselteng Bersama Kaki Kota Gelar Program ini

Baca juga: Polda Kalsel Amankan Satu Unit Eksavator Milik Penambang Liar di Tapin

Namun, saat ini telah tertangani dengan baik.

"Alhamdulillah setelah dikoordinasikan dengan Kadis Dukcapil Kalsel, Disdukcapil Banjarmasin akan membuka layanan untuk melakukan percepatan pencetakan KTP baru di wilayah PSU bahkan kami membuka layanan ini dari Sabtu sampai Minggu," katanya.

Pada hari pelaksanaan, Deddy menyampaikan Disdukcapil Kota Banjarmasin akan membuka pelayanan di kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan sebagai langkah percepatan dalam rangka mendukung terlaksananya penyelenggaraan PSU.

"Jadi yang mengajukan ke Dukcapil Kota Banjarmasin ada yang menyebutkan hilang dan rusak totalnya ada 250. Untuk itu warga tidak perlu khawatir karena akan kami maksimalkan," ucapnya.

Adapun untuk ketersediaan blangko di Disdukcapil Kalsel tercatat hingga kini mencapai hampir 10.000 keping dan siap dibagikan ke Dukcapil kabupaten/kota untuk dicetak.

Banjarmasinpost.co.id/Milna

Penulis: Milna Sari
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved