Breaking News:

Berita Banjarmasin

DPRD Kalsel Harapkan Ekowisata Bekantan Tapin Juga Biakkan Satwa Langka Lainnya

Rencana pembuatan Ekowisata Bekantan di eks kawasan tambang di Tapin Kalimantan Selatan dibenarkan Anggota Komisi III DPRD provinsi Kalimantan Selatan

Penulis: Milna Sari
Editor: Edi Nugroho
Humas DPRD Kalsel
Anggota komisi 3 DPRD Kalsel meninjau Ekowisata Bekantan di Tapin kemarin 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rencana pembuatan Ekowisata Bekantan di eks kawasan tambang di Tapin Kalimantan Selatan dibenarkan Anggota Komisi III DPRD provinsi Kalimantan Selatan, Ir H Agus Mulia Husin.

Terangnya Jumat (11/6/2021) pihaknya sudah melakukan peninjauan lokasi ekowisata bekantan tersebut.

"Kita sudah meninjau ke lokasi kemarin, kita mengharapkan bukan hanya Bekantan saja yang ada di ekowisata ini, namun juga pengembangbiakan hewan yang dilindungi misalnya rusa dan kijang dapat dikembangbiakkan dengan baik di ekowisata nantinya," ujarnya kepada banjarmasinpost.co.id.

Anggota Komisi III lainnya Fahrin Nizar mengharapkan pasca berakhirnya kegiatan pertambangan, PT AGM yang menjadi penyedia lahan bisa memberikan kenang kenangan yang berharga bagi Kabupaten Tapin yaitu berupa ekowisata bekantan yang akan segera dibuka untuk masyarakat umum setelah selesainya restorasi lahan yang telah dilakukan PT  AGM dari tahun 2015.

Baca juga: Persahabatan Erat di Konservasi Bekantan PLTU Asam-Asam

Baca juga: Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021, Pelestari Bekantan Ini Dapat Dua Penghargaan

Baca juga: Wakil Rektor ULM Luncurkan Kapal Riset, Dukung Penelitian Bekantan dan Ekosistem Lahan Basah

Baca juga: Peduli Eksistensi Bekantan, ACT dan Jasa Raharja Tanam Mangrove di Pulau Curiak Batola

"Kita mengapresiasi PT AGM yang telah mempunyai inisiatif untuk membangun ekowisata ini walaupun ini bukan merupakan suatu kewajiban yang termuat dalam dokumen AMDAL tetapi karena PT AGM kita lihat peduli terhadap lingkungan," ujarnya.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Tapin berkontribusi dengan mengeluarkan Surat Keputusan Bupati tentang Penetapan Kawasan Esensial Konservasi bekantan. Selanjutnya PT AGM berkontribusi dalam pemulihan habitat bekantan dengan melakukan penanaman pohon yang dimulai dari tahun 2015 sampai 2021 dengan jumlah sekitar 31 ribu pohon dan juga mengembangkan infrastruktur ekowisata ini.
(Banjarmasinpost.co.id/Milna).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved