Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Dinkes Kabupaten Tanbu Upayakan Bidan di 5 Desa Terpencil, Tapi Sulit Cari yang Mau

Dinkes Kabupaten Tanbu akan tempatkan 5 bidan dan 5 perawat dengan bayaran tinggi di 5 desa tertinggal, Tamunih, Dadap, Batu Bulan, Hatiif, Emil Baru.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
DINKES KABUPATEN TANBU
Rombongan Bupati beserta seluruh SKPD, termasuk Dinas Kesehatan (Dinkes) saat berkunjung ke desa terpencil, yakni Desa Tamunih, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, Juni 2021. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Terdapat 5 desa tertinggal di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, yang aksesnya ada tapi sulit ditempuh bahkan tidak ada jaringan.

Selain jalan rusak, jarak tempuhnya juga lumayan. Dan paling susah adalah Desa Tamunih Tanbu, Desa Dadap dan Desa Batu Bulan (Tanbu) yang ada di wilayah perbatasan Kabupaten Tanbu dengan Kabupaten Banjar.

Sedangkan dua desa lainnya, yakni Desa Hatiif Kecamatan Teluk Kepayang dan Desa Emil Baru Kabupaten Tanbu, masih sedikit lumayan aksesnya

Kelima desa ini masih kekurangan tenaga kesehatan. Selain aksesnya yang sulit dan sepi, juga banyak petugas yang enggan ditempatkan di tempat itu.

Baca juga: Bangun Pabrik Pengalengan Ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Tanbu Konsultasi ke Kementerian

Baca juga: VIDEO Pejabat Dinas PUPR Kabupaten Tanbu Periksa Titian di Pulau Sewangi

Menyikapi itu, Kadinkes Kabupaten Tanbu H Setia Budi, Sabtu (12/6/2021), mengatakan, tenaga kesehatan memang masih minim. 

"Saat ini kami sudah menugaskan tenaga kontrak provinsi sebanyak 4 orang. Dua orang bidan dan dua orang perawat untuk ditugaskan di wilayah Desa Tamunih, Dadap dan Batu Bulan secara mobile setiap hari," katanya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Setelah dikunjungi Bupati, Dinkes Tanahbumbu kembali akan menambah petugas.

Kemudian, Dinkes Tanahbumbu juga sedang proses penambahan dengan akan merekrut petugas kesehatan terdiri dari 5 orang bidan dan 5 orang perawat untuk melayani 5 desa terpencil tersebut.

Baca juga: VIDEO Bantu 3 Desa Tertinggal di Tanbu, Dinas Pertanian Akan Kirim Bibit Jengkol hingga Kopi

Baca juga: Masih Ada Desa di Kabupaten Tanbu yang Belum Serahkan SPj untuk Bisa Salurkan BLT

”Saat ini kami masih melakukan prekrutan petugas bidan dan perawat, sambil menunggu anggaran perubahan,” imbuhnya.

Sebab petugas kesehatan yang akan ditugaskan di wilayah desa terpencil tersebut akan diberikan gaji, serta insentif bulanan kepada mereka.

Dikarenakan, operasional menuju wilayah desa terpencil juga lumayan besar. Mengingat, jarak tempuh yang begitu jauh.

Perkerasan jalan di Tamunih dan Batu Bulan Kabupaten Tanahbumbu.
ILUSTRASI - Perkerasan jalan di Tamunih dan Batu Bulan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) pada Agustus 2020. (Hernadi untuk BPost)

Selain itu, dari kepada Banjarmasinpost.co.id juga akan membangun puskesdes untuk pelayanan kesehatan di tiga desa terpencil dan tertinggal, yakni desa Batu Bulan, desa Dadap Kusan Raya dan Desa Tamunih.

"Kendala saat ini, memang sulit menugaskan di wilayah terpencil. Jarang ada yang mau. Ini yang sedang kami   upayakan dan kami beri honor Rp 3 juta per bulan dan insentif Rp 2 juta," rincinya.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved