Breaking News:

Tajuk

Adu Untung CPNS

Setiap kali ada pembukaan seleksi CPNS, selalu saja ramai pendaftar, bahkan ada yang sampai berkali-kali mendaftarkan diri

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - BAGI sebagian besar orang Indonesia, terutama di daerah, menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) merupakan impian yang besar.

Kenyataaan di lapangan, setiap kali ada pembukaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS), selalu saja ramai pendaftar. Bahkan ada yang sampai berkali-kali mendaftarkan diri namun tak kunjung diterima.

Tahun ini, tepatnya pada 29 Juni 2021, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan jadwal resmi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Pada tanggal tersebut juga menjadi tanggal dimulainya penerimaan CPNS seluruh Indonesia. Seleksi CASN tahun ini meliputi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Hampir semua badan, dinas dan instansi vertikel pun membuka formasi dengan jumlah yang lumayan. Mulai lulusan SLTA hingga S-1 bisa mendaftar untuk mengadu keberuntungan menjadi CPNS.

Lalu kenapa menjadi PNS menjadi incaran banyak lulusan perguruan tinggi dan bagi yang belum mempunyai pekerjaan mapan? Salah satu hal yang menjadi daya tarik tersendiri melamar CPNS adalah karena ada banyak keuntungan jadi PNS yang bisa didapatkan.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Seperti halnya jika beberapa pegawai atau karyawan swasta mengalami kebijakan gajinya dipotong, atau bahkan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dampak pandemi, profesi PNS tidaklah demikian.

Dari pengalaman tahun ke tahun, tak semua pelamar akan diterima menjadi CPNS. Lalu kemana bagi yang belum rezekinya menjadi PNS. Faktor keberuntungan juga menjadi faktor penting dalam kelulusan CPNS. Bisa dibayangkan jika yang ikut seleksi berjumlah ribuan sedangkan formasi yang dilamar hanya 1 posisi saja, tentu peluang untuk mendapatkan formasi yang diidamkan juga kecil.

Tak perlu kecil hati, bagi yang belum lulus CPNS karena masih bisa mencari rezeki di profesi lain seperti berwirausaha atau melamar di perusahaan swasta. Perusahaan swasta ini di Indonesia jumlahnya ribuan dan setiap tahun selalu ada penerimaan. Jika ada bakat berbisnis, kenapa tidak dimulai. Di era digital ini, ada banyak pekerjaan keren dengan gaji tinggi yang bisa jadi lahan meraih pundi-pundi uang. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved