Breaking News:

Berita Palangkaraya

Daftar Pemilih Berkelanjutan Kalimantan Tengah Bertambah 7.848 Orang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah telah melakuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan di semester I atau bulan Juni tahun 2021 sebesa

Penulis: Fathurahman | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id / faturahman
Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim saat memaparkan kegiatan KPU. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah telah melakuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan di semester I atau bulan Juni tahun 2021 sebesar 1.706.297 pemilih dengan rincian jumlah laki-laki 875.516 orang dan perempuan 830.781 orang.

Dari rekapan data pemilih terseburlt terdapat penambahan sebanyak 7.848 pemilih jika dibandingkan dengan DPT Pilgub 2020 sebanyak 1.698.449 orang."Juga terdapat pemilih baru sebanyak 12.028 dengan rincian laki-laki 5.957 dan perempuan 6.071," ujar Ketua KPU Kalteng, Harmain, Kamis (8/7/2021).

Dia juga menjelaskan, Pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) terdiri dari pemilih meninggal 1.314 orang, pemilih ganda 14 orang, pindah domisili 2.824 orang, pemilih TNI 3 orang dan Pemilih Polri 25 orang tersebar di 14 Kabupaten/Kota, 136 Kecamatan, 1.572 Kelurahan/Desa, 6.045 TPS.

Hasil Rekapitulasi tersebut, diserahkan kepada Bawaslu, Partai Politik dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Tengah."KPU Kalteng akan selalu melakukan koordinasi dengan pihak berkepentingan untuk menjamin transparansi proses dan memberikan hasil yang terbaik," ujar Harmain.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Kabupaten Banjar Teliti Daftar Pemilih

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, 40 Orang Meninggal Masuk Daftar Pemilih di Binuang, ini Kata KPU Tapin

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Tapin Temukan 40 Orang Meninggal Masuk Daftar Pemilih

Baca juga: Surat Suara Pilgub di Banjarmasin Melebihi Jumlah Daftar Pemilih

Kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dimaksudkan untuk
melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan untuk memperbaharui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar di daftar pemilih, pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, dan perubahan elemen data pemilih kabupaten/kota secara berkelanjutan.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk
mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu atau Pemilihan berikutnya.Pemutakhiran berkelanjutan tersebut dilakukan sejak bulan Mei 2021 setelah selesainya tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020. (banjarmasinpost.co.id / faturahman).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved