Breaking News:

Berita Kotabaru

Lima Aparatur dan Dua Perangkat Desa Usulkan Pengunduran Diri

Lima aparatur dan dua perangkat Desa Gedambaan mengundur diri. Pengunduran diri lima aparatur dan perangkat desa, dinilai imbas buntut kesewenangan ke

Penulis: Herliansyah | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Kantor Desa Gedambaan, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kotabaru 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Lima aparatur dan dua perangkat Desa Gedambaan mengundur diri. Pengunduran diri lima aparatur dan perangkat desa, dinilai imbas buntut kesewenangan kepala desa.

Lima aparatur desa yang mengundurkan diri. Usulan sudah disampaikan ke pihak desa, diduga karena kesewenangan kebijakan diambil kades baru sekitar satu bulan dilantik.

Informasi diperoleh, kebijakan diambil kades mereka nilai sepihak. Terkait perolingan jabatan aparatur tidak sesuai prosedur. Perolingan tidak melalui pembahasan atau dilaksanakan musyawarah terlebih dahulu.

Dikutip dari salah satu sumber, mengatakan, seharusnya sebelum perolingan aparatur terlebih dahulu dilakukan musyawarah di internal.

Baca juga: Resmi Dilantik, Kades Tamban Realisasikan Perkerasan Jalan Desa

Baca juga: Pandemi, Biaya Pilkades 19 Desa di Balangan Bengkak Jadi Rp 1,3 Miliar

Baca juga: Positif, Gelaran Pilkades di Balangan Dijadwalkan 17 November 2021

Baca juga: Positif, Gelaran Pilkades di Balangan Dijadwalkan 17 November 2021

Baca juga: Korupsi Kalsel : Baca Nota Pembelaaan, Kades Kersih Putih Tanbu Minta Dibebaskan dari Dakwaan

"Dan, seharusnya sebelum melakukan perolingan dipertimbangkan dulu paling tidak enam bulan. Sesuai dengan surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)," katanya.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Pulaulaut Sigam Gusti Abdul Wakhid diminta konfirmasinya mengakui, pihaknya ada mengeluarkan rekomendasi terkait perolingan aparatus desa Gedambaan.

Menurut Wakhid, perolingan hak prerogatif kades. Terkait pengunduran lima aparatur desa, jelasnya itu hak mereka.

Dengan alasan, setiap pergantian pucuk pimpinan pasti. Baik itu Bupati, Gunernur pasti ada perolingan untuk meningkatkan roda pemerintahan adalah wewenangan pimpinan.

Pun, meski lima aparatur mengundurkan diri. Dipastikan Wakhid tidak berpengaruh terhadap. "Jalan saja," ucap Wakhid kepada banjarmasinpost.co.id, Jumat (16/7/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved