Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Tim Denny Indrayana Perbanyak Alat Bukti Jelang Sidang MK tentang PSU Pilgub Kalsel

Tim Denny Indraya siapkan 610 lebih alat bukti, termasuk rekaman video, untuk ditunjukkan saat sidang gugatan PSU Pilgub Kalsel di Mahkamah Konstitusi

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Alpri Widianjono
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Komisioner KPU Kalimantan Selatan Divisi Penanganan Hukum, Nur Zazin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sidang perdana perselisihan hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan di Mahkamah Konstitusi (MK) dijadwalkan digelar saat Rabu (21/7/2021). 

Pihak pemohon, termohon dan pihak terkait, sudah melakukan pematangan persiapan masing-masing menjelang sidang tersebut. 

Cagub Kalsel Paslon Nomor Urut 2, H Denny Indraya, sebagai principal dari pihak pemohon, mengatakan, sesuai berkas permohonan sengketa yang diajukan ke MK, ada dua sasaran dari permohonannya. 

"Kami hanya meminta dua alternatif putusan. Pertama, Paslon Nomor Urut 1 didiskualifikasi. Kedua, penihilan suara Birin-Muhidin," kata H Denny saat dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Selasa (20/7/2021).

Dia mengaku tetap meyakini bahwa telah terjadi kecurangan konspiratif antara Paslon Nomor Urut 1 dengan penyelenggara dan pengawas PSU Pilgub Kalsel.

Baca juga: Sidang PSU Pilgub Kalsel Digelar Besok di MK, Ini Tanggapan Kedua Kubu

Baca juga: Komisioner KPU Kalsel Siap Hadapi Gugatan Denny Indrayana di Mahkamah Konstitusi

"Sangat terstruktur, amat sistematis dan masif di semua wilayah PSU," tutur H Denny. 

Memperkuat permohonan gugatannya, alat-alat bukti terus dikumpulkan dan hingga sehari jelang sidang perdana sudah ada 610 lebih yang dikantongi pihaknya. Termasuk pula rekaman-rekaman video. 

Sedangkan pihak termohon, yaitu KPU Provinsi Kalsel, melalui Komisioner Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan, Nur Zazin, mengatakan, bersama kuasa hukum sudah menyiapkan jawaban-jawaban sesuai permohonan gugatan Paslon Nomor Urut 2.

Dimana KPU Provinsi Kalsel sesuai petunjuk KPU RI menggandeng HICON Law & Policy Strategic sebagai tim hukum guna menghadapi permohonan gugatan di MK tersebut. 

Lalu dari Paslon Nomor Urut 1 sebagai pihak terkait melalui kuasa hukumnya, Andi Syafrani, saat dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, mengatakan, telah siap pula untuk mengikuti rangkaian proses sidang.

PSU Pilgub Kalsel. Tim BirinMu di GSign Hotel Banjarmasin, tempat KPU menggelar rapat pleno penetapan hasil akhir pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan dengan perolehan suara terbanyak diraih pasangan Sahbirin Noor-Muhidin (BirinMu), Kamis (17/6/2021).
PSU Pilgub Kalsel. Tim BirinMu saat di GSign Hotel Banjarmasin, tempat KPU menggelar rapat pleno penetapan hasil akhir pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan dengan perolehan suara terbanyak diraih pasangan Sahbirin Noor-Muhidin (BirinMu), Kamis (17/6/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI)

Paslon Nomor Urut 1 juga telah menyiapkan keterangan lengkap dengan ratusan alat bukti untuk mementahkan tudingan pemohon terkait Paslon Nomor Urut 1. 

"Keterangan-keterangan dilengkapi dengan hampir 600 alat bukti, sudah disiapkan dibawa ke persidangan di MK. Akan kami sampaikan semuanya sesuai jadwal yang akan ditentukan oleh MK nanti," kata Andi. 

Sebelumnya, sidang perdana dijadwalkan digelar pada 5 Juli 2021. Namun diundur karena pertimbangan lonjakan angka penularan Covid-19 dan awal penerapan PPKM Darurat di Jawa-Bali. 

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved