Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Sidang PSU Pilgub Kalsel Digelar Besok di MK, Ini Tanggapan Kedua Kubu

Pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel yang digugat paslon H2D akan disidangkan di Mahkamah Konstitusi (MK) Rabu (21/7/2021). Pihak KPU diundang hadiri sidang

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ACHMAD MAUDHODY
ILUSTRASI - Hasil pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur oleh KPU Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sidang terkait Pemungutan Suara Ulang pemilhan gubernur Kalimantan Selatan akan digelar di Mahkamah Konstitusi (MK) besok, Rabu (21/7/2021) 

Sidang akan digelar dikarenakan ada gugatan dari paslon nomor urut 02 Denny Indrayana dan Difriadi (H2D).

Hal ini dibenarkan Supian HK, Ketua Tim Pemenangan Paslon Nomor urut 01 Sahbirin Noor dan Muhidin (BirinMu), Selasa (20/7/2021).

Sudah ada undangan untuk menghadiri sidang di MK terkait PSU Pilgub Kalsel tersebut, namun ditegaskannya, bukan untuk partai pengusung. Melainkan, untuk KPU Kalsel.

Gugatan dengan selisih suara 2,5 persen, menurut Supian HK yang juga Ketua DPRD Kalsel ini, hasilnya jangan sampai menimbulkan kegaduhan.

Baca juga: Komisioner KPU Kalsel Siap Hadapi Gugatan Denny Indrayana di Mahkamah Konstitusi

Ia juga berharap hakim nantinya bisa berlaku sesuai ketentuan. "Kalau memang akan ada temuan, kenapa tidak dari awal saja," ceplosnya.

Meski begitu, ia mengaku yakin dan percaya Pilgub Kalsel tetap akan dimenangkan BirinMu.

"Saya yakin dan percaya hampir 99 persen kemenangan tetap akan diraih pasangan 01," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD Partai Golkar Kalsel, Puar Djunaidi , mengatakan, sesuai dengan pembacaan tuntutan pada gugatan pertama, yakni gugatan bisa dilayangkan kembali dengan selisih 1,5 persen.

"Sekarang selisihnya di atas 2 persen. Jika MK melakukan tugas dengan melihat fakta hukum, maka harusnya hakim sudah bisa mengambil keputusan dan kesimpulan tanpa harus menunggu tanggapan dan jawaban," jelasnya.

Pemilih saat akan coblos di bilik suara TPS 05 Jalan Perjuangan, Desa Sungai Sipai, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, pada pemungutan suara ulang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan ( PSU Pilgub Kalsel ), Rabu (9/6/2021) pagi.
Pemilih saat akan coblos di bilik suara TPS 05 Jalan Perjuangan, Desa Sungai Sipai, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, pada pemungutan suara ulang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan ( PSU Pilgub Kalsel ), Rabu (9/6/2021) pagi. (BANJARMASINPOST.CO.ID/SITI BULKIS)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved