Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

MK Menangkan Paslon BirinMu, Ketua DPD Partai Golkar Banjarmasin Berharap Masyarakat Kembali Bersatu

Gugatan atau sengketa yang dilayangkan oleh pasangan valon (paslon) Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020 yakni H Denny Indrayana-D

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Ketua DPD Partai Golkar Banjarmasin, H Yuni Abdi Nur Sulaiman. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gugatan atau sengketa yang dilayangkan oleh pasangan valon (paslon) Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020 yakni H Denny Indrayana-Difriadi Drajat di Mahkamah Konstitusi (MK) RI rontok.

Pasalnya MK memutuskan menolak permohonan paslon H2D, melalui sidang dengan agenda pengucapan putusan atas perkara perselisihan hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kalsel 2020, hari ini Jumat (30/7/2021).

Dalam amar putusannya, Hakim MK yang diketuai oleh Anwar Usman menyatakan paslon H2D tak memiliki kedudukan hukum karena tak memenuhi kriteria untuk mengajukan permohonan perselisihan mengacu pada Pasal 158 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

Meski demikian, Hakim MK tetap mencermati serta mempertimbangkan bukti-bukti yang telah diajukan oleh paslon H2D. Namun, bukti-bukti yang diajukan oleh pemohon tidak dapat meyakinkan MK atas dalil-dalil permohonan pemohon.

Baca juga: Gugatannya Rontok di MK, Begini Pesan H2D Untuk Masyarakat Kalsel

Baca juga: BREAKING NEWS : Gugatan Denny Indrayana Ditolak, MK Perintahkan KPU Segera Tetapkan Sahbirin-Muhidin

Tak kalah penting, dalam amar putusannya MK pun memerintahkan termohon yaitu KPU Provinsi Kalsel untuk menetapkan H Sahbirin Noor-H Muhidin (BirinMu) sebagai paslon terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel (Pilgub) Kalsel Tahun 2020.

Terkait dengan kemenangan paslon petahana ini yang juga diusung oleh DPD Partai Golkar Kalsel ini, DPD Golkar Banjarmasin pun menyambut dengan rasa syukur.

"Alhamdulillah kita bersyukur, Allah meridhoi dan mengabulkan hajat kita. Dan ini yang kita harapkan," ujar Ketua DPD Partai Golkar Banjarmasin, H Yuni Abdi Nur Sulaiman.

Pria yang akrab disapa Haji Yuni ini menambahkan, putusan MK ini sekaligus menegaskan bahwa tidak ada kecurangan-kecurangan dalam proses PSU Pilgub Kalsel 2020.

"Keputusan MK ini sudah jelas, berarti terbukti adanya kecurangan-kecurangan," jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved