Breaking News:

Berita Batola

Pekan Tangguh KKN Mahasiswa ULM di Desa Semangat Dalam Batola, Warga Senang Terima Pemberian Bibit

Pekan Tangguh KKN mahasiswa ULM berikan bibit tanaman buah di Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak Kabupaten Baritokuala.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Syaiful Akhyar
Rudy untuk banjarmasinpost.co.id
Mahasiswa ULM Banjarbaru saat KKN di Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Sejumlah mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru gelar Pekan Tangguh kegiatan penutup Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Pekan Tangguh KKN mahasiswa ULM ini berlangsung di Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak Kabupaten Baritokuala, Jumat (30/7/2021). 

Kegiatan ini diisi oleh mahasiswa dari berbagai fakultas. Di antaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam serta dari Fakultas pertanian. 

Diungkapkan Rudy, Ketua Kelompok KKN 40.2 kali ini, kegiatan sudah berlangsung kurang lebih satu bulan, terhitung sejak 1 Juli 2021 lalu.

Baca juga: Kebakaran Kalsel, Rumah Budidaya Tanaman Jamur di Sungai Tabuk Terbakar

Baca juga: Pemprov Kalsel Gratiskan Denda Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor, Diskon 50 Persen Pajak Pokok

Baca juga: Isi Amar Putusan MK Terkait Sengketa Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020: Keputusan KPU Dinyatakan Sah

"Untuk program unggulan selama ber KKN ini, kami memilih Pekan Tangguh, yakni memberikan bibit tanaman buah-buahan serta pembagian hand sanitizer secara gratis " ungkap Mahasiswa Fakultas Kedokteran ini.

Pekan Tangguh, KKN mahasiswa ULM Banjarbaru berikan bibit tanaman buah gratis untuk warga Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak, Kabupaten Baritokuala.
Pekan Tangguh, KKN mahasiswa ULM Banjarbaru berikan bibit tanaman buah gratis untuk warga Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak, Kabupaten Baritokuala. (Rudy untuk banjarmasinpost.co.id)

Rudy pun menambahkan, selain program Pekan Tangguh, sebelumnya mereka juga melaksanakan kegiatan lainnya.

Seperti edukasi tentang budidaya tanaman pangan beserta pengendalian hama dan penyakitnya, pembuatan pestisida nabati, serta pembuatan perangkap hama yang dibantu oleh pihak POPT dan PPL Desa Semangat Dalam. 

Pada bidang pendidikan dan kesehatan, kelompok 40.2 memberikan Psikoedukasi Protokol Kesehatan pada siswa kelas 3 SDN Semangat Dalam dengan menerapkan salah satu teori psikologi yaitu Token Economy Technique. 

Dari sejumlah program yang terlaksana, kelompok KKN yang dibimbing oleh Riza Adrianoor Saputra ini, juga melakukan penelitian awal hingga memaksimalkan tiga program tersebut. 

"Kawasan Kecamatan Alalak, termasuk Desa Semangat Dalam termasuk daerah yang dilanda banjir Januari lalu dan masih dalam situasi pandemi, kami harapkan program sudah terlaksana dengan baik," tutur Rudy. 

Terkait kegiatan sosial ini, Dewi Novitasari, warga Desa Semangat Dalam menyambut baik dan antusias aksi mahasiswa ini. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN ULM, dengan adanya kegiatan pembagian bibit maupun program lainnya. Semoga semua ini bermanfaat, karena kemarin sempat banjir tanaman mati," ucap Dewi.

(banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved