Breaking News:

Berita Banjarmasin

ANBK Digelar September ini, Kadisdikbud Kalsel: Siswa Tak Perlu Persiapan

Tak seperti UNBK yang diikuti seluruh peserta didik kelas XII, ANBK diikuti khusus oleh peserta didik kelas XI

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, H M Yusuf Effendi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 13.374 peserta didik SMA, SMK dan SLB di Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mengikuti pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Bulan September Tahun 2021 ini.

Meski metode pelaksanaanya mirip dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yaitu menjawab pertanyaan dengan metode terkomputerisasi, namun ada perbedaan mendasar antara ANBK dan UNBK.

Tak seperti UNBK yang diikuti seluruh peserta didik kelas XII, ANBK diikuti khusus oleh peserta didik kelas XI yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) melalui Dapodik.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Kalsel, H M Yusuf Effendi mengatakan, pelaksanaan ANBK di Kalsel dibagi menjadi dua waktu pelaksanaan.

Baca juga: Jadi Sorotan Wali Kota Banjarmasin, Eks TPS Pasar Kuripan Dijaga Ketat Mulai Malam Ini

Baca juga: Ibnu Sina Masih Belum Tentukan Pilihan Calon Sekdako Banjarmasin

"SMK Tanggal 20-23 September sedangkan SMA dan MA Tanggal 27-30 September," kata Yusuf dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Minggu (5/9/2021).

Ditegaskan dia, tak ada persiapan yang harus dilakukan oleh para peserta didik peserta ANBK.

"Sesuai arahan Kementrian, siswa tidak perlu persiapan apapun," ujar Yusuf.

Pasalnya, ANBK bukan merupakan penilaian terhadap penguasaan materi individual atau pencapaian kurikulum setiap peserta didik.

Melainkan kata Yusuf, ANBK merupakan metode untuk memotret kelebihan dan kekurangan kinerja pembelajaran dan sistem pendidikan secara umum.

Ada tiga komponen utama yang diukur dalam ANBK, yaitu kompetensi minimum, survei karakter dan survei lingkungan sekolah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved