Breaking News:

Berita Katingan

Dihantam Luapan Sungai Katingan, Jalur Trans Kalimantan Sampit-Kasongan Terancam Putus

Pengendara dari arah Palangkaraya menuju Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diminta berhati-hati.

Penulis: Fathurahman | Editor: Edi Nugroho
Pusdalops Kalteng
Kapolres Katingan, AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo, saat mengimbau pengendara yang ingin lewat jalur Sampit - Kasongan untuk sementara mengurungkannya karena ada perbaikan jembatan yang sebagian sisinya ambuk dihantam kuatnya arus air Sungai Katingan. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KATINGAN - Pengendara dari arah Palangkaraya menuju Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diminta berhati-hati.

Pasalnya, jembatan (box culvert) di kilometer 15 Desa Kerengpangi , Katingan, terancam putus akibat sebagian ambruk akibat dihantam kuatnya arus air luapan Sungai Katingan, Senin (6/9/2021) malam.

Hujan deras disertai debit air Sungai Katingan yang tinggi dan derasnya arus air sungai menghantam jembatan atau box culvert di kawasan tersebut, mengakibatkan sebagian jembatan ambruk, sehingga sangat rawan dilalui kendaraan yang melintas dibagian atasnya.

Beberapa relawan dan petugas kepolisian dari Polres Katingan, sejak sore hingga malam hari saat kejadian berusaha mengatur lalulintas yang lalulang di sekitar lokasi ambruknya sebagian sisi box culvert untuk menjaga keselamatan kendaraan yang melintas di jalur padat kendaraan Trans Kalimantan tersebut.

Baca juga: Air Sungai Meluap Bikin Jalan di Banjarmasin Tergenang, Pedagang Sebut Tak Biasa Siang Hari

Baca juga: Debit Air Meninggi, Sungai Kahayan Palangkaraya Rentan Meluap, Warga Mengaku Sudah Terbiasa

Baca juga: Banjir Kalsel, Sungai Riam Kiwa Meluap di Desa Pengaron, Warga Kecamatan Martapura Waspada

Baca juga: Hujan Deras dan Sungai Meluap Merendam Desa Banua Halat Kanan Tapin, Begini Kondisinya

Hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut tadi malam membuat air sungai katingan yang ada disekitar jalan trans kalimantan tersebut meluap dengan arus sangat kuat sehingga mengakibatkan kendaraan yang lewat harus waspada rawan tetseret arus air, demikian juga gorong-gorong atau box culvert yang ada di kawasan tersebut mengalami kerusakan.

"Arusnya sangat kuat, pengendara sepeda motor yang lewat bisa terbawa arus, karena kami yang lewat naik mobil saja, saat air meluap disertai arus deras saat menyetir kendaraan beberapa kali sempat terikut derasnya air Sungai Katingan yang meluap sehingga harus ekstra waspada saat lewat lokasi tersebut," ujar Fadlian, salah satu pengendara, yang saat arus deras melewati jembatan tersebut, Selasa (7/9/2021).

Kapolres Katingan, AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo, langsung turun ke lokasi bersama jajarannya untuk mengatur lalulintas dan mengimbau kepada warga yang ingin melewati jalan tersebut untuk sementara berhati-hati, karena petugas sedang melakukan upaya perbaikan kerusakan box culvert yang mengalami kerusakan tersebut.

Melalui akun facebook, Pusdalops Kalteng, Kapolres mengimbau, agar pengendara yang ingin lewat sementara harus berhati-hati, karena pada titik kerusakan jembatan atau box culvert masih dalam tahap perbaikan. "Saya mengimbau kepada pengendara yang ingin melintas di kilometer 1 sampai 16 Desa Kerengpangi, Katingan, agar mengurungkan niatnya, atau waspada akibat kerusakan jembatan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kalteng, Salahuddin, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Kementerian PUPR yang bertanggungjawab atas kerusakan jembatan tersebut agar menempatkan petugas di lokasi dan melakukan pemantauan jalur jalan trans kalimantan yang mengalami kerusakan tersebut untuk dilakukan perbaikan. (ribunkalteng.com / faturahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved