Breaking News:

Berita HST

Tunjangan ASN HST Dipotong Hingga 50 Persen, Begini Klarifikasi Plt Sekda

Terhitung sejak Juli, Agustus dan September tunjangan ASN di HST dipotong. Angkanya bervariasi hingga tertinggi 50 persen

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
Dok BPost
ASN Pemkab HST saat mengikuti apel, foto diambil ┬ásebelum pandemic covid-19. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARARAI - Kebijakan tidak mengenakan harus diterima ASN di Pemerintahan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Terhitung sejak Juli, Agustus dan September tunjangan mereka dipotong. Besarnya potongan pun bervariasi, hingga tertinggi sampai 50 persen. Sejumlah PNS pun mengaku kaget saat mengetahui tunjangannya dipotong.

Bahkan, sampai sekarang adapula yang tunjangan mereka belum dibayar. Informasi yang dihimpun dari sejumlah ASN besarnya potongan bervariasi.

“Saya sendiri tidak tahu berapa potongannya, karena sampai sekarang tunjangan belum dibayar dan masih diamprahkan bendahara,”kata seorang ASN dengan jabatan Kepala Bidang.

Baca juga: Komponen Ini Membuat Gaji Ke-13 PNS Lebih Besar, Inilah Tunjangan ASN yang Melekat Hingga Mati

Baca juga: Fraksi PKS DPRD Kalsel Desak Pemerintah Realisasikan Tunjangan ASN dan Honor Tenaga Kontrak

Ada ASN yang memaklumi atas kebijakan tersebut, ada pula yang menyesalkan.

“Kalaupun mau memotong, mestinya dihabiskan dulu tahun anggaran 2021 ini,”kata ASN tak mau disebut Namanya kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (22/9/2021).

Meski demikian, dia dan teman-temannya hanya bisa pasrah dan berharap keuangan daerah membaik dan dikelola para pengambil kebijakan dengan baik.

Terkait kebijakan pemotongan tersebut, Plt Sekda HST H Muhammad Yani yang dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id membenarkan adanya pemotongan tersebut.

“Dengan berbagai pertimbangan yang matang selama tiga bulan dipelajari, kebijakan ini akhirnya terpaksa diambil Tim Anggaran Pemerintah Daerah, karena keuangan daerah saat ini sangat tidak memungkinkan,”kata Yani.

Dijelaskan, saat ini Dana Alokasi Umum atau dana transfer tekor sebesar Rp 5 miliar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved