Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

VIDEO Webinar Ekspedisi di Banjarmasin, Lima Keperluan Masyarakat dalam Pengiriman Barang

Webinar Series Ekspedisi hadirkan Kadis Perdagangan Kalsel, Ketua Asperindo Kalsel dan Isuzu Kalsel membahas suplai logistik di Pulau Kalimantan.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perdagangan dan logistik adalah ibarat dua sisi mata uang.

Dalam perdagangan, antara penjual dan pembeli antar kota atau antar daerah perlu jasa pengiriman. Oleh sebab itulah, kaitan antara perdagangan dan logistik sangatlah erat.

Dikatakan Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Drs H Birhasani, MSi, logistik adalah proses pengiriman dari hulu ke hilir bahkan ke konsumen. 

Dalam hal logistik ini ada dua sektor usaha yakni pergudangan dan pengiriman atau usaha yang mencakup keduanya. 

"Ada 11 jenis bahan pokok dan penting yang perlu distribusi sebab antar daerah saling memerlukan karena ada yang perlu pasokan dan ada yang harus memasok," jelasnya. 

Baca juga: VIDEO Polda Kalsel Tindaklanjuti Iringan Moge di Jembatan Alalak Banjarmasin

Baca juga: BBPJN Banjarmasin Sebut Tak Beri Izin Moge Melintas di Jembatan Alalak Baru

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, menjadi narasumber pada Webinar Series Ekspedisi (Eskalasi Perkembangan Industri Lokal) Banjarmasin Post bersama Isuzu pada Rabu (22/9/2021).

Webinar Series Ekspedisi yang dipandu Harry Ramadhan sebagai host ini dimulai secara live pukul 16.00 Wita tersebut, membahas tema Peran (kontribusi) Sektor Logistik di tengah Pandemi & PPKM. 

Acara yang disiarkan langsung dan disimak ulang di Instagram: Banjarmasinpost, YouTube: Banjarmasinpost  News Video dan Facebook: Bpost Online. 

Dicontohkan oleh Birhasani, komoditas dari daerah luar yang masuk ke Kalsel antara lain gula pasir dari Lampung, Sulawesi dan Jawa. Kemudian minyak goreng masih 80 persen didatangkan dari luar. 

Garam 100 persen datang dari Jawa, NTB dan Sulsel. Adapun sapi 70 persen dari NTB, Jawa Timur dan Sulawesi. Sedangkan ayam dan bebek surplus sehingga mengirim ke luar daerah. 

Distribusi logistik dikupas dalam Webinar Series Ekspedisi (Eskalasi Perkembangan Industri Lokal) Banjarmasin Post bersama Isuzu, Rabu (22/9/2021).
Distribusi logistik dikupas dalam Webinar Series Ekspedisi (Eskalasi Perkembangan Industri Lokal) Banjarmasin Post bersama Isuzu, Rabu (22/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN)
Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved