Breaking News:

Kuliner

Resep Lempeng Original Ala Kedai Bakula, Intip Pembuatannya Bareng Dapoer Everywhere

Para pecinta kuliner di barat menyebutnya pancake, namun di Banua kue tradisional ini memiliki nama lucu yakni Lempeng Pisang.

Penulis: Danti Ayu Sekarini | Editor: Hari Widodo
Capture Youtube BPost
Jajanan Khas Banua, Lempeng Pisang di Dapoer Everywhere. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Warga Kalimantan Selatan tentunya sudah akrab dengan jajanan legit berbahan dasar pisang atau yang kerap dikenal dengan sebutan lempeng.

Kalau para pecinta kuliner di barat menyebutnya pancake, namun di Banua kue tradisional ini memiliki nama lucu yakni Lempeng Pisang.

Sesuai dengan namanya, jajanan bercita rasa manis ini dibuat dengan mencampurkan adonan tepung dan pisang yang kemudian dicetak di atas teplon atau penggorengan datar sehingga menyebabkan bentuknya memipih atau lempeng.

Selain disamakan dengan pancake, lempeng pisang juga sering kali disebut sebagai pizzanya Banua akibat kemiripan bentuknya.

Baca juga: Kue Lempeng Onny Disukai Pelanggan Menengah ke Atas, Oleh-oleh Dibawa ke Jakarta dan Surabaya

Baca juga: Tak Hanya Menu Bakar Khas Banjar, Kuliner Bawah Jembatan Banua Anyar Juga Ada Lempeng dan Bingka

Di Banjarmasin sendiri, lempeng pisang original atau jadul kian sulit ditemui dan mulai muncul dengan variasi rasa yang lebih modern.

Salah satu kedai yang masih menjaga resep tradisional atau keoriginalan rasa dari lempeng pisang adalah Kedai Bakula yang berlokasi di Kawasan Siring Pasar Lama Banjarmasin.

Di sini pengunjung bisa menikmati lempeng pisang yang dibuat mengenakan resep turunan dengan dua varian rasa. Umumnya lempeng pisang lebih nikmat disajikan dengan permukaan yang sedikit gosong lantaran membuat rasanya semakin legit dan sedikit gurih.

Baca juga: Lempeng Banjar Dilombakan, Begini Kreasi Baru UMKM Kuliner, Ada Lempeng Klasik sampai Lempeng Durian

Selain rasa pisang yang sudah akrab di lidah para pecinta kuliner, Kedai Bakula juga menyajikan variasi lempeng pisang dengan rasa tapai ketan.

Tak kalah dengan rasa kue modern yang kini mulai bermunculan, berikut resep Lempeng Pisang Original Kedai Bakula yang berhasil di intip oleh Dapoer Everywhere. Berikut Videonya :

(Banjarmasinpost.co.id/Danti Ayu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved