Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Dinas Perkebunan Kalsel Mendata Pelaku dan Potensi Usaha Sarang Walet di HST dan HSU

Data Disbunnak Kalsel di Kabupaten HST terdapat 59 pengusaha sarang burung walet dan di Kabupaten HSU sebanyak 1.365 pengusaha.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
DISBUNNAK KALSEL
Petugas Dinas Perkebunan dan Peternakan melakukan inventarisasi dan mendata pelaku usaha Sarang Burung Walet di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Bisnis Sarang Burung Walet terus didukung pemerintah untuk  meningkatkan produksi sehingga Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bisa ekspor ke luar negeri.

Dinas Perkebunan dan Peternakan melakukan inventarisasi dan mendata pelaku usaha Sarang Burung Walet di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

"Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu wujud upaya percepatan dan peningkatan Ekspor sarang walet," kata Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi, Minggu (7/11/2021)

Hasil dari inventarisasi  di Kabupaten HST terdapat 59 pengusaha dengan jumlah rumah walet sebanyak 59 buah dan di Kabupaten HSU sebanyak 1.365 pengusaha dengan jumlah rumah walet 1.506 buah.

Baca juga: Belum Ada Eksportir Sarang Walet di Kalsel, Walet Kalsel Dikirim ke Jawa Timur

Baca juga: Pemprov Kalsel Dorong Percepatan Ekspor Sarang Walet

Baca juga: Menjanjikan, Ekspor Albumin Ikan Haruan dan Sarang Walet dari Kalsel

Dia berharap ke depannya semua pengusaha yang berizin maupun tidak berizin dapat terdata, sehingga ketersediaan bahan baku untuk Ekspor sarang walet terpenuhi.

Saat ini rumah burung walet terdapat dimana-mana, bahkan hingga di perkotaan. Usaha ini banyak dilirik masyarakat sebagai peluang usaha yang menjanjikan bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, sebelumnya menjelaskan. jumlah rumah burung walet di Kalsel lebih dari 4.000 unit.

"Pangsa pasar sarang burung walet Kalsel masih lingkup dalam negeri, yaitu di jual ke pengusaha di Jawa Timur, Jawa Tengah dan daerah lainnya. Di Kalsel belum ada pengusaha Eksportir Sarang Walet, pengusaha Kalsel hanya sebagai suplayer ke perusahaan luar daerah tersebut, " urai Birhasani.

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved