Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Pengurus HIPMI Kalsel Dukung Pengecualian Pemberlakuan Upah Minimum Pada Pelaku UMKM

Kebijakan tak memberlakukan upah minimum meringankan pelaku UMKM didukung HIPMI Kalsel karena rata-rata terpuruk pandemi, masih merintis, omset kecil.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
ILUSTRASI - Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono, memperlihatkan produk UMKM yang telah dipasarkan di ritel modern, Kamis (9/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) dikecualikan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Menurut Ketua Bidang V (Kemaritiman, Pertanian, Kehutanan dan Lingkungan Hidup) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kalimantan Selatan, Abdussamad Herman, kebijakan mengecualikan UMR untuk Pelaku UMKM dinilai cukup baik 

"Secara realistis memang tidak dipungkiri kebijakan tersebut dapat meringankan Pelaku UMKM. Karena rata-rata mereka masih merintis dan omsetnya juga belum besar," ucapnya, Minggu (21/11/2021).

Faktanya, lanjut dia, para Pelaku UMKM memang memberikan upah kebanyakan di bawah UMR yang ditetapkan.

Baca juga: Harga Terendah Karet Stabil Rp 10 ribu, ini Kata Sekretaris  Eksekutif Gapkindo Kalsel

Baca juga: Pajak Parkir Dikelola Bakeuda Kota Banjarmasin Mulai 2022

Baca juga: Cegah Peredaran di Kalsel, Kanwil DJBC Musnahkan 1 Juta Batang Rokok Ilegal

Baca juga: PBG Jadi Pengganti IMB, REI Kalsel Berharap Kabupaten Kota Siapkan Aplikasi SIMBG

"Bagus saja, penentuan upah sesuai kesepakatan pekerja dan pelaku UMKM. Karena kalau dipaksakan. maka dipastikan tidak semuanya sanggup memenuhi upah minimum," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalsel, Gustafa Yandi, juga membenarkannya. "Karena, sektor UMKM masih berusaha untuk bangkit dari keterpurukan selama pandemi Covid-19," ujarnya.

Tidak berlakunya upah minimum bagi UMKM sangat menguntungkan para Pelaku UMKM tersebut. "Karena kami sangat memahami bagaimana kondisi usaha UMKM pada masa pandemi," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved