Breaking News:

Berita HSU

VIDEO Portal Untuk Angkutan Berat di HSU Mulai Dibangun

Portal angkutan berat di HSU mulai dibangun. Portal ini untuk mencegah truk bermuatan melebihi tonase tidak bisa masuk kota

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Beberapa ruas jalan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang merupakan jalan provinsi dan nasional sempat mengalami kerusakan akibat dilalui oleh angkutan bermuatan yang melebihi tonase.

Meskipun sudah sempat dilakukan perbaikan namun di beberapa jalan kembali mengalami kerusakan. Angkuta berat dari PT Conch yang mengangku semen ini diketahui kadang juga yang melintasi jalan kabupaten di pusat Kota Amuntai.

Untuk menjaga agar jalan kabupaten tidak ikut rusak Pemerintah Daerah Kabupaten HSU membangun portal agar angkutan berat melebihi tonase tidak bisa masuk ke pusat kota Amuntai dan menggunakan jalan kabupaten.

Kepala Dinas Perhubungan Hamdani mengatakan saat ini portal jalan sudah mulai dibangun, dimana nantinya bisa mencegah angkutan berat melintas. Terdapat tiga titik portal yang dibangun dengan anggaran Rp 155 juta.

Dibagian atas portal diberikan pemberitahuan angkutan bermuatan dilarang melintas dan maksimal muatan adalah 4 ton.

"Tinggi portal dibangun tiga meter namun batas ketinggian kendaraan 2,75 meter, saat ini sudah mulai dilakukan pembangunan dan dalam waktu dekat akan selesai dikerjakan," ujarnya.

Dibagian atas portal nantinya juga akan diberikan imbauan seperti protokol kesehatan dan akan dihias dengan lampu hias.

Portal dipasang di tiga titik yaitu di Simpang empat Benua Lima, lampu merah Paliwara mencegah dari arah Kabupaten Tabalong dan di Pahayaman kelurahan Antasari untuk mencegah adanya angkutan bermuatan dari arah Kabupaten Balangan. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved