Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Sebanyak 1.931 Personel PLN Kalselteng Siap Amankan Listrik Saat Natal dan Tahun Baru

Manajemen UIW Kalselteng mengerahkan 1.931 petugas pelayanan teknik yang siaga 24 jam untuk jaga keandalan listrik saat menyambut momen Nataru 2022.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
PT PLN (PERSERO) UIW KALSELTENg
Petugas PLN menyiagakan keandalan jaringan listrik. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Jarajan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) melakukan sejumlah langkah guna memastikan layanan listrik tetap andal.

Upaya tersebut untuk menyambut momen perayaan hari raya Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru). 

Termasuk, antisipasi terhadap risiko kendala teknis dengan menerjunkan personil pengamanan kelistrikan. 

"Dalam rangka menyambut Natal dan tahun baru kali ini, kami (PLN) sudah menyiapkan beberapa langkah dan antisipasi guna meningkatkan kesiapan menyongsong perayaan hari besar tersebut, mulai dari kesiapan instalasi baik jaringan, kesiapan petugas sampai dengan kesiapan peralatan yang digunakan," ujar GM PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Honda Sebar Bantuan ke 5 Kabupaten Terdampak Banjir di Kalimantan Selatan

Baca juga: Jelang Momen Natal dan Tahun Baru, Harga Gula Pasir di Pasar Antasari Banjarmasin Naik

Sistem kelistrikan saat ini yang sudah terinterkoneksi dengan sistem di kalimantan timur, PLN Kalselteng memiliki kecukupkan surplus daya sebesar 845 MWh, sehingga sangat mampu menopang keperulan daya saat Nataru 2022.

Dari sisi keandalan jaringan distribusi listrik ke pelanggan, Tonny memaparkan kegiatan care for asset menjadi mitigasi risiko yang dilakukan PLN untuk mencegah terjadinya gangguan.

Caranya dengan melakukan upaya predictive maintenance, yakni melakukan pengecekan kondisi aset jaringan listrik, dan perintisan pohon, khususnya di titik rawan yang berpotensi menyebabkan gangguan. 

"Perintisan pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik sudah kami selesaikan. Masa siaga kami tetapkan mulai tanggal 18 Desember 2021 hingga 7 Januari 2022, Itu artinya Untuk pemeliharaan rutin saat ini sudah kami hentikan, kami hanya fokus melakukan upaya corrective maintenance saja. Jadi jika ada padam listrik saat ini, itu bukan karena adanya pemeliharaan, murni karena gangguan," paparnya.

Baca juga: Vaksin Gratis di Bandara Syamsudin Noor Kalsel, Manajemen Angkasa Pura I Siapkan Sinovac

Baca juga: Telkomsel Launching Platform Skul.id, Solusi Ekosistem Sekolah di Kalimantan Selatan

Guna memastikan percepatan penyelesaian gangguan, Tonny menyebut, mengerahkan 1.931 petugas pelayanan teknik yang siaga 24 jam.

Selain itu, guna mempermudah koordinasi dan mendukung mobilisasi petugas, PLN menyiapkan sebanyak 204 unit kendaraan roda empat, 121 unit kendaraan roda dua, dan 44 posko siaga yang tersebar di Unit PLN 

Mendukung kesiapsiagaan petugas tersebut, serta meningkatkan percepatan penyelesaian gangguan, sudah pula menyediakan 56 genset, 20 Unit Gardu Bergerak dan 5 Unit uninterrupted power supply (UPS). 

Bagi pelanggan yang membutuhkan layanan PLN dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi layanan Contact Center PLN 123.

(Banjarmasinpost /Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved