Lokal Bercerita

Terinspirasi Matang Kaladan, Wisata Baru Alimpung Island Hadir di Tiwingan Lama Kalsel

Wisata jala apung, Alimpung Island yang berada di kaki bukit Matang Kaladan menjadi destinasi baru memanfaatkan keindahan raja ampatnya Kalsel

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Aya Sugianto
Penampakan jala apung, Alimpung Island, yang menjadi destinasi wisata baru di Desa Wisata Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Minggu (6/3/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Bangkitnya destinasi wisata Matang Kaladan di Desa Wisata Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)  juga menginspirasi warga lokal
lainnya.

Sejumlah destinasi wisata baru pun bermunculan memanfaatkan keindahan alam Raja Ampatnya Kalsel.

Salah satu yang kini tengah menjadi perhatian adalah wisata jala apung, Alimpung Island yang berada di kaki bukit Matang Kaladan. Berikut ini laporan Banjarmasin Post melalui liputan khusus Lokal Bercerita, Aku Lokal Aku Bangga menyambut 11 Tahun Tribunnews.com.

Jika dilihat dari atas Bukit Matang Kaladan, lokasi jala apung ini dapat dilihat dengan jelas.

Baca juga: Bangkitnya Wisata Matang Kaladan, Raja Ampatnya Kalsel

Baca juga: Matang Kaladan Pernah Masuk Nominasi Unggulan Lomba Membangun Desa Wisata Nusantara

Baca juga: Wisata Matang Kaladan, Menguatkan Ekonomi Warga Lokal

Usaha jala apung atau keramba sebenarnya bukan hal baru bagi warga setempat. Namun Alimpung Island mengusung konsep berbeda.

Salah satu pengelola jala apung Alimpung Island, Muhammad Yusuf mengatakan tempatnya itu homestay untuk terapi healing bagi masyarakat yang ingin melepas kepenatan selama bekerja ataupun aktivitas sehari-hari.

“Bermula dari usaha keramba jala apung, lalu diusulkan oleh Hj Ananda Mantan Putri Runner Up Indonesia 2006 untuk disulap menjadi tempat orang bisa bersantai. Lalu kami wujudkan tempat ini,” katanya mengisahkan awal usahanya.

Alimpung Island yang berada di teluk danau Riam Kanan yang relatif sepi dari lalu lalang kelotok wisata lainnya, menjadikan suasana tenang begitu terasa. Pengunjung juga bisa memancing ikan di keramba sekaligus memasak hasil tangkapannya.

Suasana jala apung, Alimpung Island, yang menjadi destinasi wisata baru di Desa Wisata Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Minggu (6/3/2022).
Suasana jala apung, Alimpung Island, yang menjadi destinasi wisata baru di Desa Wisata Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Minggu (6/3/2022). (Banjarmasinpost.co.id/Aya Sugianto)

Potensi danau Riam Kanan bagi Yusuf seperti Labuan Bajo-nya Kalimantan Selatan. Ada bukit di antara danau, selain itu hutan tropis Dewi Tilamvyang masih perawan sulit ditemukan di pulau lain.

Dengan adanya jala apung Alimpung Island Yusuf berharap dapat semakinvmemajukan perekonomian warga sekitar. Pengunjung bisa menaiki kapal yang disediakan warga menuju Alimpung.

Baca juga: VIDEO Bukit Matang Kaladan Kalsel, Mirip Gugusan Pulau Raja Ampat

Namun kini keluhan yang dirasakan menghambat salah satu lokasi andalan wisata di Kalsel ini adalah sinyal internet dan telepon yang masih belum stabil.

"Mudah-mudahan, pemerintah bisa meningkatkan ketersediaan sinyal internet di kawasan danau ini sehingga saat pengunjung datang dan berfoto di sini bisa langsung mengunggahnya ke
media sosial," tambahnya. (Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved