Ramadhan 2022

Latihan Kendalikan Hawa Nafsu Saat Ramadhan, dr Zaidul Akbar : Tak Usah Banyak Makanan Saat Berbuka

Tak terasa bulan Ramadhan 2022 telah memasuki fase akhir. dr Zaidul Akbar mengimbau tak sajikan banyak makanan saat berbuka.

Penulis: Mariana | Editor: M.Risman Noor
IMAM UNTUK BPOST
Suasana buka puasa bersama Y'NS Center yang diikuti Kesatuan Perempuan Partai Golkar dan Satkar Ulama Banjarmasin, Selasa (19/4/2022) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tak terasa bulan Ramadhan 2022 telah memasuki fase akhir. dr Zaidul Akbar mengimbau tak sajikan banyak makanan saat berbuka.

Baik puasa sunnah maupun puasa wajib di bulan Ramadhan, ibadah ini sama-sama menahan hawa nafsu, di antaranya tidak makan dan minum di siang hari.

Selain mendapat pahala, puasa juga memberikan efek menyehatkan tubuh sebab adanya pembatasan makanan yang masuk dapat mencegah berbagai penyakit.

Ini karena jenis makanan yang masuk ke tubuh saat sahur maupun puasa berpengaruh pada seluruh organ-organ tubuh.

dr Zaidul Akbar menjelaskan godaan terbesar orang yang berpuasa yakni pada saat berbuka.

Baca juga: Niat Zakat Fitrah untuk Sendiri, Istri dan Anak, Simak Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Baca juga: Jelang Lebaran, Pengawasan Bahan Pangan di Banjarmasin Terus Digencarkan

"Saat seseorang tidak makan dalam waktu yang lama saat puasa, kemudian dia makan dalam jumlah yang banyak maka jumlah kalori yang masuk akan melompat atau rebound, inilah yang dihindari saat Ramadhan," jelas dr Zaidul Akbar dikutip Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube dr. Zaidul Akbar Official.

Ia pun mengingatkan perlu dan pentingnya menjaga hawa nafsu dalam tubuh di bulan Ramadhan.

Pada waktu berbuka puasa, 1-3 butir kurma ditambah segelas air putih sudah cukup dikonsumsi untuk merecharge energi yang hilang kala berpuasa.

Tips agar tak terpengaruh ingin makan berlebihan, sebaiknya menghindari membeli dan menhamparkan terlalu banyak makanan di hadapan kita.

"Itu salah satu rahasianya, apalagi di depan kita itu makanan yang tidak sehat, sehingga bukanya pun menjadi berlebihan dan tidak sehat. Yakinlah satu gelas air putih bagi tubuh kita sudah memberikan kekuatan bagi tubuh kita," terangnya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved