Idul Fitri 2022

Hukum Halal Bihalal Dijabarkan Ustadz Adi Hidayat, Jelaskan Esensinya bagi Umat Islam

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan tentang hukum Halal Bihalal. Diketahui pada Hari Raya Idul Fitri 2022 ini warga akan kembali melaksanakan halal bihalal

Penulis: Mariana | Editor: Irfani Rahman
Dok banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
Silaturahmi Pengurus Ormas Keluarga Besar Purawirawan TNI Polri Pasca Pileg dan Pilpres, Sekaligus Halal bihalal Idul Fitri 1440 H 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Hitungan jam menuju Hari Raya Idul Fitri 2022, umumnya di Hari Lebaran menjadi ajang silaturahmi. Ustadz Adi Hidayat menjelaskan hukum Halal Bihalal.

Halal bihalal adalah bentuk silaturahmi yang kerap dilakukan umat muslim khususnya masyarakat Indonesia saat hari besar keagamaan, utamanya Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan silaturahmi tersebut bisa dilakukan di rumah keluarga besar, bisa pula di kediaman kerabat, tetangga, dan rekan atau mitra kerja.

Dalam acara halal bihalal ini kaum muslimin biasanya saling menghaturkan maaf dan bersilaturahmi bagi yang lama tak bertemu.

Baca juga: Sekjen MUI Sebut Hari Raya Idul Fitri 1443 H Diprediksi Serentak Pada  2 Mei 2022, Ini Alasannya

Baca juga: Amalan-amalan Bisa Dikerjakan saat Malam Idul Fitri 2022, Salah Satunya Bertakbir

Lantas bagaimana hukum halal bihalal?

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan halal bihala tidak termasuk dalam hukum ibadah melainkan hukum umum yang termasuk dalam kaidah akhlak, silaturahim, dan hubungan baik antar sesama.

"Teknisnya bermacam-macam, silakan, bisa bersalaman, bertatap muka, bisa berdiskusi kebaikan. Jadi kalau disebut bid'ah? Tidak," jelas Ustadz Adi Hidayat dikutip  Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Islampedia.

Alasan dibalik hukum halal bihalal bukan bid'ah, Ustadz Adi Hidayat tegaskan karena tidak termasuk ibadah mahdhoh.

Kemudian, Nabi Muhammad SAW pun tidak melarang halal bihala tersebut.

"Yang jadi masalah bukan soal hukum tapi kebanyakan orang halal bihalal tidak paham dengan esensi hala bihalal itu," ujarnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved