Berita Bisnis

PLN Berikan Apresiasi Direktur Perempuan Bank Sampah Sekumpul Banjar melalui Program TJSL

PT PLN (Persero) UIW Kalselteng menyerahkan bantuan melalui Program TJSL bertajuk Bank Sampah Sekumpul menuju Proklim Lestari.

Penulis: Salmah | Editor: Eka Dinayanti
PT PLN Persero UIW KSKT
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng), menyerahkan bantuan ke Bank Sampah Sekumpul. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) apresiasi Direktur perempuan Bank Sampah Sekumpul dengan menyerahkan bantuan melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) bertajuk Bank Sampah Sekumpul menuju Proklim Lestari.

Proklim Lestari adalah program kampung iklim berskala nasional yang dikelola oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka memberikan apresiasi atas keterlibatan melakukan pengembangan dan penguatan adaptasi mitigasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

"Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan kerja nyata Bank Sampah Sekumpul, khususnya Direktur Bank Sampah Sekumpul Ibu Dewi Heldayati, dalam mewujudkan lingkungan yang bersih serta secara aktif membumikan isu global perubahan iklim menjadi aksi bersama di tingkat lokal melalui program kampung iklim," ujar General Manager PLN UIW Kalselteng, Tonny Bellamy.

Baca juga: Warga Tuna Netra Jalani Vaksinasi Covid-19, Ketua Forkesi Banjarbaru Harap Layanan Difabel

Baca juga: Kecelakaan di Kalsel, Tabrak Pembatas Jalan di Banjarbaru, Nyawa Pasutri Tak Tertolong

Tonny mengatakan bantuan yang diberikan berupa pengadaan sarana dan prasarana untuk mendukung Kelurahan Sekumpul mendapatkan kategori lestari dalam Program Kampung Iklim (ProKlim) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

"Bantuan yang pada hari ini akan kami serahkan merupakan upaya kami untuk berperan serta dalam mensukseskan Program Kampung Iklim sehingga dapat memberikan kontribusi positif untuk masyarakat baik dari sisi lingkungan, sosial hingga ekonomi kemasyarakatan," ungkap Tonny.

Adapun bantuan yang diberikan PLN UIW Kalselteng ke Bank Sampah Sekumpul diantaranya, pelatihan budidaya sayur sistem hidroponik, pembuatan sistem pemanfaatan air hujan dan serapan biopori, sekaligus perlindungan area mata air dan aliran pemanfaatannya.

Lebih lanjut Tonny menambahkan, selain untuk meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar Bank Sampah, pendampingan yang dilakukan PLN juga bertujuan untuk memberdayakan kelompok perempuan di masyarakat dalam pemanfaatan sampah menjadi komoditas bernilai ekonomi.

Baca juga: Hardiknas Tahun 2022, Bupati Tala Beri Penghargaan Tiga Guru Berprestasi

Baca juga: Inovasi Pelayanan Disdukcapil Tapin Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

"Sejak tahun 2019, PLN bersama Bank Sampah Sekumpul terus bersinergi dan kolaborasi dalam upaya menggerakkan semangat kaum perempuan di Kelurahan Sekumpul, dengan melakukan pemilahan sampah rumah tangga sesuai jenisnya untuk pemanfaatan. Kami berusaha membantu meningkatkan taraf ekonomi keluarga disini," tambahnya.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Direktur Bank Sampah Sekumpul, Dewi Heldayati, mengaku bangga dan bersyukur atas bantuan yang diberikan PLN kepada Bank Sampah Sekumpul.

"Mewakili Bank Sampah Sekumpul, saya berterima kasih kepada PLN atas dukungan yang diberikan selama ini. Semoga melalui bantuan ini dapat semakin membakar semangat kami dalam menjaga lingkungan dan memberdayakan perempuan di sekitar Bank Sampah," pungkas Dewi.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved