Kampusiana

Cegah Informasi Hoaks, PAI UIN Antasari Banjarmasin Ajak Mahasiswa Baru Kenali Informasi Era Digital

Pengenalan informasi hoaks dan praktik langsung menulis karya ilmiah, merupakan bekal utama bagi mahasiswa dalam mengenali informasi di era digital.

PAI UIN Banjarmasin
Seminar Literasi Digital dan Workshop Pelatihan Karya Ilmiah dilakukan PAI UIN Antasari Banjarmasin terhadap mahasiswa baru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pengenalan informasi hoaks dan praktik langsung menulis karya ilmiah, merupakan bekal utama bagi mahasiswa agar dapat terampil dalam mengenali informasi di era digital.

Hal tersebut disampaikan Ketua Prodi S1 PAI UIN Antasari, Dr Hj Suraijiah, M Pd saat memberikan sambutan pada pembukaan Seminar Literasi Digital dan Workshop Pelatihan Karya Ilmiah

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh HMJ PAI UIN Antasari Banjarmasin, didukung oleh Jawara Internet Sehat 2022 dan Yayasan Titik Fokus Karya.

Acara terpusat di Gedung Olahraga dan Seni UIN Antasari Banjarmasin.

Baca juga: Jokowi Datangi PT Freeport Mimika Papua, Kagumi Rumah Ibadah di Bawah Tanah

Baca juga: Pengukuhan 3 Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat, Rektor: Semoga Menambah Kekuatan SDM

"Apalagi karya ilmiah itu merupakan salah satu tugas rutin dalam perkuliahan," katanya, Kamis (1/9/2022).

Pada kegiatan yang diikuti ratusan mahasiswa itu, Muhammad Ridha selaku narasumber dan juga Jawara Internet Sehat 2022 mengungkapkan urgensi informasi yang valid dalam penulisan karya ilmiah.

Menurutnya di era digital, sumber rujukan favorit dalam menulis karya ilmiah bagi mahasiswa adalah internet meski tidak selalu valid.

Oleh karena itu, kemampuan mengenali informasi hoaks dan memutus mata rantai penyebarannya menjadi penting.

"Ada banyak informasi menyesatkan, yang dibungkus rapi seakan valid, baik misinformasi, disinformasi dan malinformasi," jelasnya

Lebih lanjut, Ridha juga menyampaikan ketika menulis suatu karya ilmiah, baik makalah, artikel jurnal, atau sejenisnya maka pastikan data atau informasi yang digunakan adalah informasi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved