Berita Tanahbumbu

Operasi Zebra Intan 2022 Digelar Mulai Besok, Personel Satlantas Polres Tanbu Hunting di Jalan Raya

Mulai Senin (3/10/2022) besok, jajaran Satuan Lalu Lintas mulai menggelar Operasi Zebra Intan 2022

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Fenomena Sepeda Listrik, Anggota Satlantas Polres Tanbu menegur bocah kendarai sepeda listrik, Minggu (2/10/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Mulai Senin (3/10/2022) besok, jajaran Satuan Lalu Lintas mulai menggelar Operasi Zebra Intan 2022 yang bakal bakal digelar dari 3 hingga 16 Oktober mendatang.

Demikian pula berlaku di Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu). Jajaran Satlantas Polres Tanbu, bakal menindak pelaku pelanggaran saat bertemu di jalan. 

Razia tidak dilakukan dengan stationer (satu tempat) melainkan sistem hunting. Petugas akan berkeliling di jalan raya dan saat menemukan pelanggar langsung ditilang. 

"Operasi Zebra kita mulai besok. Jadi siapa yang ditemukan melanggar, siap-siap langsung ditilang ditempat, " kata Kapolres Tanahbumbu AKBP Tri Hambodo SIK melalui Kasat Lantas Polres Tanhabumbu AKP Guntur Setyo Pambudi SIK, Minggu (2/10/2022). 

Baca juga: Senin Mulai Gelar Operasi Zebra Intan 2022, Polda Kalsel Andalkan ETLE Tindak Pelanggaran

Baca juga: ETLE Dit Lantas Polda Kalsel Catat 417,702 Pelanggaran, Terbanyak Tak Pakai Sabuk Pengaman

Anggotanya, bakal menyebar dilapangan dengan sistem hunting. Pengendara yang terlihat melanggar dengan kasat mata, maka akan ditilang petugas. 

Dijelaskannya, ada 7 prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas yaitu pengendara menggunakan ponsel saat berkendara. 

Pengemudi atau pengendara di bawah umur, pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang. Selain itu, pengendara yang tidak menggunakan Helm SNI. 

Pelanggaran lainnya adalah, pengemudi mobil yang tidak gunakan sabuk pengaman, pengendara atau pengemudi yang dalam pengaruh atau konsumsi alkohol. 

" Selain itu, pengendara yang melebihi batas kecepatan serta bagi pengendara yang melawan arus dan ini sering terjadi, " kata AKP Guntur. 

Baca juga: Meriahnya Hari Lalu Lintas Bhayangkara di Tala, Pengunjung Kijang Mas Permai Antusias Goyang Sehat

Sementara itu, menyikapi, penggunaan sepeda listrik di jalan raya, AKP Guntur juga akan lakukan peneguran kepada pengguna sepeda listrik tersebut. 

"Kalau sepeda listrik sementara ini belum ada petunjuk lanjut, tetapi dari kita sedang mencoba untuk mencari formula teguran untuk sepeda listrik ini, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved