Kampusiana

Serunya Sylva Training Camp (STC) ke-XVII di Mandiangin, Begini Kesan Mahasiswa Fahutan ULM

Sebanyak 24 mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM mengikuti Sylva Training Camp (STC) ke-XVI yang menjadi syarat untuk menjadi anggota Mapala Sylva

Editor: Hari Widodo
Mapala Sylva untuk BPost
24 mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM mengikuti Sylva Training Camp (STC) ke-XVI Mapala Sylva Fakultas Kehutanan ULM. Diantaranya, mereka dikenalkan dengan olah raga arung jeram. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Mapala Sylva kembali melaksanakan kegitan rutin tahunan yang selalu ditunggu-tunggu, yaitu Sylva Training Camp (STC) ke-XVII.

 STC sendiri merupakan kegiatan tahap awal yang wajib para mahasiswa(i) Fakultas Kehutanan yang selanjutnya disebut bakal calon anggota untuk bergabung menjadi bagian keluarga besar Mapala Sylva.

Kegiatan STC tersebut memiliki tujuan penting, yaitu meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan mereka dalam survive selama berada di Hutan.

Adapun ilmu atau materi yang telah dibekali kepada para bakal calon, diantaranya Lingkungan Hidup (LH), Olah Raga Arus Deras (ORAD), Gunung Hutan (GH), Serch and Rescue (SAR), Rock Climbing (RC) dan Caving and Speleologi (CAS).

Baca juga: Prihatin Bencana Banjir Kalsel, Mapala Sylva Bantu Korban Banjir dan Buka Donasi 

Baca juga: Fakultas Kehutanan ULM Latih Petani Desa Pemangkih Bikin Pot Tanam Organik dari Sekam Padi

Diketahui sebanyak  24 bakal calon anggota Mapala Sylva mengikuti kegiatan STC ke-XVII yang dilaksanakan bertempat di Tahura Sultan Adam, Mandiangin, Banjarbaru.

Pembukaan STC ke-XVII pada hari Kamis, 29 September 2022 bertempat di halaman Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.

Kegiatan ini dibuka oleh oleh Ir. H. Noor Mirad Sari, M.P selaku senior MAPALA SYLVA dan dosen Fakultas Kehutanan dan juga turut serta dihadiri Dekan Fakultas Kehutanan Dr. H. Kissinger. S.Hut, M. Si.

24 mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM mengikuti Sylva Training Camp (STC) ke-XVI Mapala Sylva Fakultas Kehutanan ULM. Diantaranya, mereka dikenalkan olahraga panjat tebing.
24 mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM mengikuti Sylva Training Camp (STC) ke-XVI Mapala Sylva Fakultas Kehutanan ULM. Diantaranya, mereka dikenalkan olahraga panjat tebing. (Mapala Sylva untuk BPost)

Pada kesempatan tersebut Ibu Ir. H. Noor Mirad Sari, M.P menyampaikan beberapa patah kata berupa kesan dan pesan kepada bakal calon anggota MAPALA SYLVA.

"Besar harapan kami para senior dan kaka, abang2 disini agar kiranya angkatan BM untuk tetap menjaga kekompakan, saling membatu teman dan menjalankan kegiatan Sylva Training Camp ini dengan baik” tutur ibu dosen yang sering disapa ibu Sari.

“Dan juga hal yang paling menjadi tujuan utama kegiatan ini adalah menjalin silahturahmi dam saling mengenal satu sama lain” tambah beliau menutup acara pembukaan kegiatan STC ke-17.

Penutupan kegiatan dilaksanakan pukul 21.00 Wita, di Sekretariat MAPALA SYLVA pada hari Senin, 3 Oktober 2022.

Penutupan dihadiri oleh peserta, panitia dan para Wana Albisya MAPALA SYLVA. Peresmian penutupan kegiatan ini resmi ditutup oleh Ketua Umum MAPALA SYLVA yaitu Aldiansyah.

Menurutnya, berada di hutan, menjalani rangkaian pelatihan fisik dan mental selama beberapa hari tak membuat para calon anggota angkatan BM ini menyerah, dengan penuh antusias dan semangat pantang menyerah serta tekat kuat untuk bersama-sama saling menurunkan ego, menghapus sifat individual menjadi saling bergandeng tangan, membuat mereka semakin kokoh dan kuat satu sama lain.

24 mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM mengikuti Sylva Training Camp (STC) ke-XVI Mapala Sylva Fakultas Kehutanan ULM di Tahura Sultan Adam, Mandiangin.
24 mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM mengikuti Sylva Training Camp (STC) ke-XVI Mapala Sylva Fakultas Kehutanan ULM di Tahura Sultan Adam, Mandiangin. (Mapala Sylva untuk BPost)

"Layaknya seperti harapan Mapala Sylva agar tercipta rimbawan-rimbawan tangguh baik mental dan karakter dalam bidang Kehutanan, serta peduli terhadap Lingkungan,"ujar Mahasiswa yang akrab disapa Dollar ini.

Di hari penutupan ini, para peserta STC ke-XVII mengungkapkan lega bisa menyelesaikan rangkaian kegiatan STC baik di Kampus maupun di Mandiangin.

Baca juga: Dibantu Dosen ULM, Kemasan Gula Aren Sungai Tuan Jadi Lebih Modern

Salah seorang peserta STC, Ruben Kristopel Simanjuntak ia dengan senyum cerah menyampaikan bahwa Sylva Training Camp sangat berkesan karena melatih kekompakan, kekeluargaan dan memberikan pembelajaran yang sangat berharga dan tidak ada ia dapatkan dimanapun.

“Sylva Training Camp ini telah melatih kekeluargaan, kebersamaan dan kekompakan sesama teman maupun keseluruhan juga membentuk mental dan karakter” tambah Noor Helmaya. (*)

Penulis : Novida dan Yumpe dari Mapala Sylva Fakultas Kehutanan ULM

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved