Berita Balangan

Kemah Budaya Bakal Digelar, Gali Bakat Seni Pelajar dan Pemuda di Balangan 

Kemah Budaya di Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan bakal digelar di Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Ilustrasi-Wisata Kalsel. Berkemah di kawasan Bendung Kinarum di Desa Kinarum, Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. Kemah Budaya yang diikuti pelajar dan pemuda bakal digelar di Desa Sungsum, Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Jelang pelaksanaan Kemah Budaya di Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, berbagai persiapan dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan sebagai penyelenggara. 

Pendaftaran kemah budaya ini telah dibuka sejak beberapa waktu lalu dan akan diikuti oleh para remaja dan pelajar di Kabupaten  Balangan. Bahkan sejumlah sekolah sudah terdata sebagai peserta di ajang tersebut. 

Kegiatan kemah budaya dimaksudkan untuk menjadi wadah dari inovasi dan kreativitas generasi muda di Balangan. Kegiatan ini sekaligus menggali bakat para pelajar pada dunia seni. 

Rencananya, pelaksanaan kemah budaya berlangsung selama tiga hari, sejak tanggal 25 hingga 27 Nopember mendatang. Acara tersebut menjadi kesempatan kaum muda untuk bereksplorasi dalam kearifan lokal dan menjaga kebudayaan. 

Baca juga: Viral Penampakan Pohon Nangka Tumbuh Dalam Rumah di Balangan Kalsel, Begini Cerita Pemilik

Baca juga: Wisata Kalsel - Air Terjun Riam Bainggi, Pesona Alam Pedalaman di Dayak Pitap Balangan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Ribowo melalui Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Balangan, Suprapto menerangkan, ajang kemah budaya kali ini akan  menampilkan kesenian lokal, seperti tarian, madihin, tari kreasi, bela diri tradisional dan lain sebagainya yang disuguhkan oleh para peserta.

Saat ini sebut ada 12 kelompok yang telah terdaftar. Masing-masing kelompok hanya boleh mengirimkan delapan peserta, empat orang laki-laki dan empat orang perempuan. 

Kegiatan diikuti sejumlah sekolah, organisasi dan desa. Peserta yang terdaftar di antaranya Pramuka Peduli Awayan, Pramuka Awayan, Desa Kambiyain, SMAN 1 Juai, SMAN 2 Juai, SMAN 1 Tebing Tinggi, SMAN 1 Lampihong dan MA Ainul Amin Tebing Tinggi. 

Baca juga: Rehabiltasi Pasar Batumandi Kabupaten Balangan, Pedagang Pindah Sementara Waktu

"Melalui giat Kemah Budaya ini kami harap para peserta dapar menampilkan kesenian terbaik mereka," kata Suprapto, Selasa (15/11/2022).

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut, bidangnya juga berencana memperkenalkan Guha Debu kepada para peserta. Guha ini berada di Desa Sungsum, dekat dengan lokasi kemah budaya. Terlebih tempat tersebut juga diduga sebagai cagar budaya yang ada di Balangan. 

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved