Kampusiana

Himakom FISIP ULM Mulai Gelar Communication Week 2022,  Hadirkan Stand Up Comedy

Himakom Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ULM mulai menggelar Communication Week 2022 sejak Selasa, 29 November 2022

Penulis: Rifki Soelaiman | Editor: Hari Widodo
Himakom untuk BPost
Pemukulan gong oleh Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP ULM, Siswanto Rawali, sebagai tanda dibukanya acara Comweek, Selasa (29/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ULM mulai menggelar Communication Week 2022 sejak Selasa, 29 November 2022 lalu. 

Adapun agenda Communication Week 2022 yang telah dilaksanakan yakni Communication Talk dengan tema POTION (Photography Communication) pada 29 November 2022 sebagai agenda pertama serta pembukaan dari program kerja Communication Week tahun ini.

Kemudian, pada 02 Desember 2022 mendatang, Himakom rencananya akan menggelar Comedy Show yang dibuka untuk masyarakat umum. Berlokasi di Lecture Theater FISIP ULM dari pukul 14.00 Wita sampai selesai. 

Dan nanti, Communication Night yang menjadi acara puncak sekaligus acara penutup dari rangkaian Communication Week 2022 yang digelar pada bulan Desember ini.

Baca juga: Dekan FISIP ULM: Prodi Geografi Harusnya di Fakultas Rumpun Eksak

Baca juga: Mahasiswa Geografi FISIP ULM Banjarmasin Gelar Aksi Penolakan Perpindahan

Untuk jadwalnya sendiri akan diumumkan di akun instagram commweek @commweek.ulm.

Adapun untuk acara Comedy Show yang akan digelar, Ketua Pelaksana Communication Week 2022 Arya Bagus Prasetya menyampaikan Comedy Show ini adalah sebuah hiburan yang dibungkus dengan kesenian lokal dengan mengusung tema SIBUDI yakni Sisi Berbudaya dalam Komedi.

“Dengan tema tersebut diharapkan agar para audiens dapat mengetahui bahwa komedi juga bisa disampaikan melalui budaya lokal yang kita miliki,” ujarnya kepada Bpost, Rabu (30/11/2022).

Dalam pelaksanaan Comedy Show lanjut Arya, nantinya akan ada beberapa penampilan berkesenian lokal seperti balamut, bekisah banjar, madihin, dan penampilan special dari dua orang talent stand up comedy Banjarmasin. 

Menurutnya,  konsep kesenian lokal ini hadir atas dasar realitas yang ada, berkurangnya minat remaja pada kesenian lokal menjadi alasan pihaknya mengangkat dan menghadirkan kembali kesenian lokal budaya Banjar.

"Ditambah dengan kesenian balamut yang sekarang mulai punah dan sangat disayangkan jika kesenian lokal seperti itu hanya menjadi warisan,” tuturnya menyampaikan konsep dari acara Comedy Show tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Himakom FISIP ULM, Yusuf Wijaya Alfarisy berharap terutama untuk anak muda, jangan hanya berpatok kepada apa yang menjadi ramai sekarang.

Menurutnya, jangan pernah melupakan apa yang menjadi budaya warga Banjarmasin di zaman dahulu. 

Sangat disayangkan budaya yang dulunya melekat di kalangan masyarakat menjadi hilang karena seiringnya perkembangan zaman.

"Semoga, dengan diadakannya kegiatan seperti ini diharapkan mampu membangun kesadaran mahasiswa tentang kebudayaan daerah Banjarmasin, agar budaya tersebut bisa terus ada dan tetap ada hingga ke generasi yang selanjutnya,” ucap Ketua Umum Himakom periode 2021-2022 tersebut.

Untuk Communication Week sendiri ia berharap tahun ini semoga bisa lancar dan sukses tanpa kendala. Serta lebih banyak pihak sponsor yang mensupport kegiatan ini. 

“Semoga tetap solid seluruh kepanitiaanya. Dan comweek sendiri bisa menjadi wadah untuk membebaskan jiwa muda dan dapat mengekspresikan diri terhadap dunia luar,” tegasnya. 

Baca juga: Diikuti Ratusan Alumni, Begini Meriahnya Reuni Akbar Fisip ULM 2022

Dalam acara pembukaan yang berlangsung pada Selasa (29/11/2022), acara dibuka secara simbolis oleh Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP ULM Banjarmasin, Siswanto Rawali.

“Harapan saya semoga acara comweek nya sukses seperti apa yang diharapkan serta diinginkan. Dan juga sesuai dengan perencanaan dari panitia. Semoga tercapai,” ujarnya setelah membuka acara tersebut dengan menabuhkan gong. (Banjarmasinpost.co.id/Rifki Soelaiman)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved