Berita HST

Kenalkan Tugas Relawan Pemadam Kebakaran, Siswa PAUDIT Barabai Diajak Ikut Simulasi   

Sebanyak 235 anak terdiri murid PAUD Islam Terpadu Al Khair Barabai mengikuti kegiatan pengenalan tugas relawan pemadam kebakara

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/hanani
Anak-anak PAUDIT AL Khair Barabai terdiri TKIT dan KBIT saat mengikuti simulasi memadamkan api saat kebakaran, Kamis (1/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Sebanyak 235 anak terdiri murid PAUD Islam Terpadu Al Khair Barabai mengikuti kegiatan pengenalan tugas relawan pemadam kebakaran, melalui kegiatan simulasi memadamkan api di halaman sekolah mereka, Kamis (1/12/2022).

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Balakar 654 Murakata.

Ada dua unit mobil pemadam dibawa ke halaman sekolah, kemudian dari  di luar area gedung sekolah dilakukan pembakaran ban dalam, untuk kemudian dipadamkan menggunakan alat semprot air menggunakan selang yang airnya dialirkan dari tangki mobil pemadam.

Anak-anak dari  usia 2 sampai 5 tahun itupun antusias ikut simulasi.

Baca juga: Meriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Balakar 654 Murakata Pawai Keliling Kota Barabai

Baca juga: Anggota DPRD Kabupaten HST Hadirkan Pengelola SPBU, Fasilitasi Balakar 654 Murakata Kesulitan BBM

Mereka diajari cara bergotong royong mengulurkan selang air, hingga petugas BPK dari Balakar tersebut bisa menjangkau lokasi api dan menyemprotnya hingga api padam.

Anak-anakpun dibolehkan basah-basahan, untuk ikut simulasi ini.

“Tapi bagi anak yang tak tahan basah-basahan, boleh hanya ikut menonton. Atau boleh ikut tapi pakai jas hujan,”kata Kepsel PAUDIT Al Khair Barabai, Muhammad Ramlan.

Ramlan menjelaskan, kegiatan tersebut bagian dari penerapan Merdeka Belajar, dimana para pengajar boleh mengajukan tema untuk kegiatan bermain di luar ruang kelas. “Hari ini adalah puncak tema profesi dan alam semensta,”katanya.

Sebelumnya, juga dilakukan pengenalan profesi seperti dokter, koki, TNI, Polisi dan profesi alainnya.

Tujuannya, agar mereka bisa mengenal dan mengapresiasi masing-masing profesi tersebut dan meminati salah satunya kelak sesuai bakat, minat dan kemampuan.

Terkait pemadam kebakaran, kata Ramlan, diharapkan mereka mensyukuri turunnya hujan, serta menimbulkan jiwa sosial dengan melihat cara kerja para petugas pemadam.

“Sebelumnya, kami juga pernah menggelar memperingati hari ayah dengan menghadirkan ayah dari anak-anak yang belajar di PAUDIT tersebut. Bersama ayahnya, anak-anak diajak mengikuti aneka lomba-lomba seru.

Baca juga: Dua Guru SIT Al Khair Kota Barabai Masuk Nominasi Kepsek Inspiratif Nasional

Sementara, Sekretaris Balakar 654 Murakata, H Hernadi mengatakan senang bisa mengenalkan anak tentang cara memadamkan api dan bagaimana petugas pemadam berjuang memadamkan api.

“Kegiatan ini bagus dikenalkan kepada anak sejak dini, sebagai edukasi dan mengasah kepekaan sosial mereka,”kata Hernadi. (Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

 


 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved