Berita Tabalong

Diramaikan Puluhan UMKM Kuliner, Tabalong Food Festival 2022 Disambut Antusias Warga

Gelaran Tabalong Food Festival yang dilaksanakan di Pusat Kuliner Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/dony usman
Tabalong Food Festival dipenuhi pengunjung yang sudah berdatangan sejak beberapa jam sebelum dibuka, Jumat (2/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Gelaran Tabalong Food Festival yang dilaksanakan di Pusat Kuliner Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat.

Terbukti, di hari pertama pelaksanaan, Jumat (2/12/2022) sore, nampak lokasi Tabalong Food Festival dipenuhi pengunjung yang sudah berdatangan sejak beberapa jam sebelum dibuka.

Dalam pelaksanaannya, Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan (Diskopukmperindag) Tabalong, menggandeng puluhan UMKM kuliner.

Sehingga berbagai jenis kuliner, mulai makanan khas Tabalong seperti paliat, sate serta makanan ringan kekininan tersedia di Tabalong Food Festival.

Baca juga: Rapat Penentuan UMK Tabalong 2023 Telah Dilakukan, Kadisnaker Sebut Lebih Tinggi dari UMP Kalsel

Baca juga: Pria di Tabalong 2 Tahun Setubuhi Anak Tiri, Korban Diancam Supaya Tidak Melapor

Baca juga: Gelapkan Mobil Rental untuk Main Judi di Kalteng, Pria Asal Murung Pudak Tabalong Ditangkap di Jambi

Menariknya, dalam pelaksanaannya ini Diskopukmperindag juga menyedian sekitar 1.500 kupon makan gratis dan snack gratis bagi pengunjung yang datang.

Kepala Diskopukmperindag Tabalong, Husin Ansari, mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung dari 2 Desember 2022 sampai dengan 4 Desember 2022 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-57 Kabupaten Tabalong.

Tujuan digelarnya Tabalong Food Festival merupakan satu upaya agar bisa menghidupak kembali Pusat Kuliner Mabuun.

Untuk saat ini, lanjutnya, sudah ada beberapa tempat kuliner yang aktif dan banyak dikunjungi, seperti deretan warung paliat, sate dan juga ada bakso.

"Alhamdulillah ini sudah bagus dan kuliner sudah kelihatan fungsinya," kata Husin.

Sedangkan pengembangan yang dalam proses dilakukan, juga akan ada tempat meeting room kapasitas 20 orang, hasil renovasi 6 kios yang dijadikan satu.

Kemudian tenda permanen yang satu sudah dibangun dan dilengkapi panggung untuk bisa digunakan menggelar acara resepsi perkawinan.

Terpisah Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, mengatakan kegiatan seperti ini pernah dilaksanakan di 2016 dan sempat booming tetapi kemudian meredup, sehingga diharapkannya kegiatan yang dilaksanakan kali ini bisa terus hidup.

"Tahun depan ini harus kita gelar lebih baik lagi,' ucap bupati.

Pada kesempatan itu bupati juga mengapresiasi saat ini banyak sekali tumbuh dan berkembang berbagai makanan dan camilan di Tabalong.

Baca juga: Tangkap Penadah Motor Curian di Kos-kosan Desa Maburai, Kini Polres Tabalong Buru Pelaku Utama

Hanya saja yang diinginkannya jangan sampai kearifan lokal, berupa makanan maupun camilan khas Tabalong justeru luput dari perhatian.

Dalam kesempatan itu bupati juga menyebut Tabalong Food Festival ini bagian dari ikhtiar besar Pemkab Tabalong dalam kendalikan inflasi.

Dimana saat ini Tabalong menjadi daerah yang sukses kendalikan inflasi dan telah mendapat reward dari pemerintah pusat dua kali kucuran Dana Insentif Daerah (DID). (Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved