Tabalong Terdepan

Lentera Kerang Emas Tabalong Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP Kemenpan RB

inovasi Lentera Kerang Emas (Lawan Rentenir dengan Kredit Gerbang Emas) Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP Kemenpan RB

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
Diskopukmperindag Tabalong
Penyerahan penghargaan Top 45 bagi inovasi Lentera Kerang Emas ini dilakukan pada puncak rangkaian KIPP Tahun 2022, Selasa (6/12/2022) di Hotel Bidakara Jakarta, diserahkan Menteri Pan RB. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Inovasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong kembali berhasil mendapatkan penghargaan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Setelah tahun lalu inovasi angkutan gratis Langsat Manis yang bisa masuk ke top 45, untuk tahun ini giliran inovasi Lentera Kerang Emas (Lawan Rentenir dengan Kredit Gerbang Emas) yang juga bisa bercokol di Top 45.

Lentera Gerbang Emas yang digagas Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan  Tabalong ini awalnya masuk ke deretan Top 99 bersama inovasi Pampakin milik Dinas Sosial Tabalong.

Kemudian pada tahapan berikutnya hanya inovasi Lentera Gerbang Emas yang bisa menembus ke Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2022.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan Tabalong, Husin Ansari, pada 
kompetisi inovasi pelayanan publik ini diikuti ribuan inovasi baik berasal dari kementerian, lembaga, pemerintah provinsi dan juga pemerintah kabupaten.

Semua inovasi kemudian menjalani penilaian dari tim Kemenpan RB dan di tahap pertama akan terseleksi untuk Top 99 hingga akhirnya Top 45.

"Untuk Pemerintah Kabupaten Tabalong dari beberapa inovasi yang diikutkan, awalnya ada dua masuk Top 99, Lentera Kerang Emas dan Pampakin. Maju lagi dikomptesikan dan di Top 45 ini masuk Lentera Kerang Emas," katanya.

Penyerahan penghargan Top 45 bagi inovasi Lentera Kerang Emas ini dilakukan pada puncak rangkaian KIPP Tahun 2022, Selasa (6/12/2022) di Hotel Bidakara Jakarta, diserahkan Menteri Pan RB RI Abdullah Azwar Anas 

Husin juga menambahkan terkait inovasi Lentera Kerang Emas ini dirinya pada dua pekan lalu juga diminta Kemenpan RB untuk menjadi narasumber.

"Memaparkan Lentera Kerang Emas itu untuk bisa direplikasi daerah-daerah lain," katanya.

Untuk diketahaui, Lentera Kerang Emas ini merupakan inovasi yang bertujuan memberikan bantuan kepada masyarakat pelaku usaha mikro, khususnya yang terjerat rentenir.

Dalam pelaksanaannya, Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan Tabalong menggandeng BPR Tabalong Bersinar dengan menyalurkan penyertaan modal.

BPR ini yang kemudian menyalurkan kepada kredit bagi pelaku usaha mikro dengan bunga nol persen.

Hasilnya, Lentera Kerang Emas bisa membebaskan 1.067 atau 14,05 persen pelaku usaha mikro dari jerat rentenir, pelaku usaha yang memiliki akses permodalan ke perbankan sebesar 2.814 pelaku usaha atau 37,07 persen. 

Serta, pelaku usaha mikro Tabalong sudah menikmati Kredit Gerbang Emas dengan bunga 0 persen yang sudah ada sejak 2018 dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), dengan jumlah kredit gerbang emas yang sudah disalurkan sebesar Rp 12.128.600.000.

Capaiannya, kredit Gerbang Emas merupakan intermediasi untuk mendapatkan KUR. Pelaku usaha mikro yang naik kelas sebanyak 28,1 persen dan kebaharuan inovasi ini dengan penyediaan booth kredit Gerbang Emas di pasar rakyat. (AOL)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved