Berita Banjarbaru

Tangan Tuan Takur Buat Puskesmas Sebamban Go Nasional

Tenaga kesehatan dari Puskesmas Sebamban I, Kabupaten Tanah Bumbu mewakili Kalsel di tingkat nasional.

Tangan Tuan Takur Buat Puskesmas Sebamban Go Nasional
istimewa/ humpro kalsel
Lima tenaga kesehatan teladan di sisi Wagub foto bersama dengan Wagub Kalsel dan Sekdaprov Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU – Kebahagian diungkapkan Nana Daniatina. Tenaga kesehatan dari Puskesmas Sebamban I, Kabupaten Tanah Bumbu ini tak menyangka inovasi yang dibuatntya membawanya mewakili Kalsel di kategori Gizi sebagai perwakilan Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas di Kalsel ke tingkat nasional.

"Senang sekali inovasi saya ternyata membawa hoki," ujarnya, Selasa (14/08/2018).

Baca: Pemprov Kalteng Ngotot Rehabilitasi, Mahasiswa di Yogyakarta Harus Kosongkan Asrama

Inovasi yang bernama Tata Laksana Penanganan Pertumbuhan Balita Kurus (Tangan Tuan Takur) menjadi satu dari lima inovasi yang dipilih untuk maju ke tingkat nasional.

Tanya Tuan Takur jelas Nana merupakan bentuk inovasi untuk mencegah kematian balita. Selama ini pemerintah tampak lebih fokus kepada gizi buruk namun masalah gizi kurang masih jarang diperhatikan.

Baca: Jadwal & Live Streaming Korea Selatan vs Bahrain Asian Games 2018, Bintang Tottenham Hotspurs Main

Tangan Tuan Takur jelasnya bekerjasama dengan kader, camat dan CSR sehingga dalam pelaksanaannya tidak bekerja sendiri.

"Aplikasinya juga ada dan bisa dioperasikan secara offline jadi lebih merangkul masyarakat," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Ia berharap nantinya Kalsel bisa bebas stunting, wasting, dan gizi buruk.

Baca: Jadwal MotoGP Inggris 2018 Live Trans 7 : Murid Valentino Rossi Masuk Tim Satelit Yamaha

Kali itu Nana dan empat orang lainnya mendapatkan penghargaan dari Pemprov Kalsel yang diberikan oleh Wakil Bupati Kalsel, H Rudy Resnawan di halaman Setdaprov Kalsel di Banjarbaru usai apel peringatan hari jadi provinsi Kalsel.

Kepala Dinas Kesehatan Prov Kalsel, HM Muslim mengatakan bahwa kelima Tenaga Kesehatan Teladan ini adalah yang terbaik, karena merupakan hasil seleksi dari tenaga kesehatan terbaik se Kalsel.

Selanjutnya sebut Muslim, mereka akan dikarantina di Jakarta, yaitu dari tanggal 15 sampai dengan 21 Agustus. Selanjutnya, mereka akan memaparkan inovasi yang mereka buat di hadapan para dewan juri di tingkat nasional.

Baca: Berlaku Hanya Hari Ini! Begini Cara Dapat Kuota 25 GB Telkomsel dengan hanya Rp 90 Ribu

Sebelum berangkat dan dilepas secara resmi, para Tenaga Kesehatan Teladan ini, masing-masing mendapatkan bantuan berupa dana pembinaan sebesar Rp 14 Juta dan piagam penghargaan.

Bantuan dana pembinaan dan piagam ini diserahkan langsung oleh Sekdaprov Kalsel kepada masing-masing Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Kalsel.

"Selamat kepada lima tenaga kesehatan teladan, anda berada di sini dan menjadi wakil Kalsel di tingkat nasional, secara intelektual sudah bagus. Namun perlu diingat, hal lainnya harus dipersiapkan adalah kesipan mental, kemampuan berinteraksi, keramahan, dan tetap rilek dalam menjalani segala tantangan yang diberikan” pesannya.

Baca: Foto Hotman Paris Hutapea 20 Tahun Lalu Diposting, Badan Kurus si Pengacara Kondang Disorot

Selain Nana Daniatina, tenaga kesehatan lain yang juga menjadi tenaga kesehatan teladan perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan adalah Rian Saputra dari Puskesmas Lasung, Kabupaten Tanahbumbu, Kategori Kesehatan Masyarakat, dr Annisa Mayasari, kategori Dokter Umum dari Puskesmas Kurau, Tanah Laut, Nur Afrida Rosita,SKM, kategori Kesehatan Lingkungan berasal dari Puskesmas Terminal, Banjarmasin, Maria Ulfah kategori kefarmasian dari Puskesmas Alalak Selatan, Banjarmasin.

(banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved