Berita Kabupaten Banjar

Berkat 'Om Toilet Om', Bupati Banjar Dapat Penghargaan Bergengsi di Jakarta

Penghargaan tersebut diserahkan pada acara INA (Innovation Network of Asia) Apkasi Award di Glass House, Ritz Carlton Jakarta Pacific Place,Jakarta.

Berkat 'Om Toilet Om', Bupati Banjar Dapat Penghargaan Bergengsi di Jakarta
Kominfo Banjar untuk Banjarmasinpost.co.id
ENTERPRENEUR - Bupati H Khalillurrahman menerima penghargaan Bupati Enterpreneur Award 2018 di Jakarta, Rabu (05/12/2018) malam 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPIRA - Prestasi gemilang kembali diraih Pemerintahan Bupati Banjar H Khalillurrahman. Kali ini Khalillurrahman menerima penghargaan bergengsi yakni Bupati Enterpreneur Award 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan pada acara INA (Innovation Network of Asia) Apkasi Award di Glass House, Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, di Jakarta, Rabu (05/11/2018) malam. Ada beberapa bupati dari sejumlah daerah yang juga menerima penghargaan serupa.

"Capaian prestisius itu diraih berkat inovasi yang dilakukan Bupati H Khalilurrahman melalui program Om Toilet Om," beber Kasi Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Banjar, Muhammad Hamdani, Kamis (06/12/2018).

Om Toilet Om, beber Hamdani, merupakan program sosial entrepreneur untuk meningkatkan derajat kesehatan dan menguatkan kesadaran masyarakat Banjar dalam upaya bersama-sama menjaga Sungai Martapura di Kabupaten Banjar.

Baca: Gading Marten Ingin Segera Cerai, Gisel Malah Bilang Mana Bisa, Ternyata Ini Masalahnya

Baca: Bantahan Roy Marten ke Mbah Mijan, Usai Gading Ingin Cepat Cerai dari Gisel, Dewi Sandra Ikut Bicara

Baca: Video - Live Streaming Vietnam vs Filipina Via Live Streaming Fox Sports Semifinal Piala AFF 2018

Pada malam penganugerahan penghargaan twrsebut, sebut Hamdani, Bupati H Khalillurrahman mengucapkan terimakasih atas pemberian penghargaan tersebut. Bupati didampingi Sekda Banjar H Nasrunsyah, Kadis PUPR Mokhammad Hilman, Kadis Kesehatan Ikwansyah, Kadis Pariwisata Haris Rifani, Ketua TP PKK Hj Raudathul Wardiyah, dan Kabid Binamarga PUPR Galuh Tantri Narindra.

Bupati menyatakan program Om Toilet Om adalah inovasi Pemkab Banjar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan.

Bupati mengatakan keberadaan pemukiman di sekitar bantaran Sungai Martapura di Kabupaten Banjar dibarengi adanya jamban terapung.

Namun seiring waktu, rumah penduduk makin banyak dan keberadaan jamban terapung berpotensi mencemari aliran sungai. Karena itu, Pemkab Banjar berinovasi untuk melestarikan sungai dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Melalui program Om Toilet Om, pemerintahannya melakukan gerakan penghapusan jamban terapung. Program ini dibarengi penyiapan jamban darat atau WC (Water Closet) individual dan komunal atau dengan sistem perpipaan tergantung kondisi lingkungan.

Pelaksanaan program tersebut tak mudah karena mengubah kebiasaan masyarakat yang telah melekat secara turun temurun.

Baca: BREAKING NEWS - Ketegangan di Pesawat Lion Air, Mau Landing di Surabaya Tiba-tiba Penumpang Kritis

Baca: Bagini Cara Dokter Kalsel Tolong Penumpang Lion Air yang Kritis, Untung Ada Oksigen di Pesawat

Baca: Kalteng Putra Incar Marko Simic Usai Promosi ke Liga 1, Ini Jawaban Bomber Persija

Namun melalui berbagai pendekatan persuasif yang intens dilakukan, khususnya melalui pendekatan agama tentang kesehatan, akhirnya Pemkab Banjar berhasil mengubah perilaku masyaraka tersebut.

Khalillurrahman mengatakan kesuksesan itu berkat kerjasama yang padu antaraintansi teknis pemerintahannya. Terutama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Kesehatan, dan dinas terkait lainnya.

Setidaknya hingga saat ini kami telah berhasil menghapus 300 unit jamban terapung. Tahun ini, target kami bisa menghapus 500 unit jamban terapung dari target 1.000 unit jamban terapung yang ingin kami hapuskan.

Program yang mulai dilaksanakan sejak 2016 tersebut kini telah membuahkan manfaat positif. Paling nyata yakni berkurangnya kadar bakteri e-coli di Sungai Martapura.

(banjarmasinpoat.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved