Berita Kalteng

Tongkang Batu Bara Hantam Kapal dan Kelotok di DAS Barito, Ini Kata Nakhoda Tugboat

Setelah menabrak KM Putera JKP untuk menghindari menabrak rumah lanting warga yang berada di sebelah kanan sungai.

Tongkang Batu Bara Hantam Kapal dan Kelotok di DAS Barito, Ini Kata Nakhoda Tugboat
HO/Polres Barito Utara
Kapal TB dan Tongkang yang menabrak kapal dan kelotok warga Muara Teweh, Barut, Kalteng, diamankan polisi, Selasa (5/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MUARA TEWEH - Kejadian kecelakaan lalu lintas sungai kembali terjadi, Senin (4/3/2019) pagi di Das Barito Depan Waterfront City Jalan Panglima Batur Muara Teweh, Barut, Kalteng, tongkang batu bara menabrak  armada air setelah Tugboat yang menarik tongkang mengalami kendala teknis saat melaju di DAS Barito.

Informasi, Kapolres Barut, AKBP Dostan Matheus Siregar, Rabu (6/3/2019) menerangkan, kecelakaan air menimpa Kapal TB Republik 031 yang dinahkodai Kapten Junmerci Khalep Balembang (28) yang tinggal di Jalan Tentara Pelajar No. 173 Desa Malimongan Tua Kecamatan Wajo Kota Makasar, Sulsel.

Informasi dari Kapten Tugboat, menyebutkan, tugboat yang menarik tongkang BG Tuhup 015 mengangkut batu bara milik PT. AKT dari Desa Muara Tuhup Kabupaten Murungraya (Mura) menuju Desa Damparan Kabupaten, Barito Selatan (Barsel) dan mengalami kendala teknis hingga akhirnya terjadi laka air tersebut.

Sedangkan, keterangan, Suryadi (48) salah seorang saksi, menerangkan, akibat kejadian tersebut ada dua kapal yang ditabrak tongkang berisi batu bara tersebut yakni KM Putera JKP dan kelotok milik Abdul Muis, warga setempat.

Baca: Hasil Liga Champions, Real Madrid Tersingkir, Ajak Amsterdam Lolos ke Perempatfinal, Skor Akhir 1-4

Keterangan Kapolres, saat Kapal TB Republik 031 yang menarik tongkang BG Tuhup 015 yang memuat batu bara sebanyak 4.340 M3 akan melintas di bawah proyek pembangunan jembatan gantung mengalami kendala teknis.

"Salah satu mesin kapal mengalami penurunan tenaga sehingga kapal tug boat tidak dapat mengendalikan kapal tongkang," ujarnya.

Akhirnya, tongkang berisi batubara tersebut menabrak KM Putera JKP yang sedang menarik tongkang yang berisi material untuk pembangunan jembatan gantung tersebut.

Setelah menabrak KM Putera JKP untuk menghindari menabrak rumah lanting warga yang berada di sebelah kanan sungai.

Kapten Kapal TB Republik 031 memutar haluan kapal melawan arus namun tongkang masih hilang kendali dan menabrak satu buah kelotok milik warga milik Muis yang sedang tambat di pelabuhan daerah Kelurahan Jingah untung saja pelabuhan tidak mengalami kerusakan dalam insiden tersebut.

Baca: Hasil Liga Champions Borussia Dortmun vs Tottenham Hotspur, Spurs ke Perempatfinal, Skor Akhir 0-1

Informasi pihak kepolisian, dalam kejadian laka air di DAS Barito tersebut tidak terdapat korban jiwa, namun untuk kerugian material diperkirakan mencapai Rp 251.015.000,00 untuk 2 buah kapal yang rusak, setelah ditabrak oleh tongkang berisi batubara tersebut.

Sementara kejadian tersebut telah di tangani oleh pihak Dishub Kabupaten Barito Utara, sedangkan saat ini semua pihak dipertemukan untuk proses mediasi.

"Untuk Kapal TB Republik 031dan tongkang BG Tuhup 015 , hingga saat ini masih diamankan petugas di Dusun Rapen," ujar Kapolres. (banjarmasinpost.co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved