Bawaslu Kalsel Gelar Rakor untuk Perkuat Fungsi Humas, dari Bikin Rilis Hingga Perkuat Media Sosial

Bawaslu Kalsel Gelar Rakor untuk Perkuat Fungsi Humas, dari Bikin Rilis Hingga Perkuat Media Sosial

Bawaslu Kalsel Gelar Rakor untuk Perkuat Fungsi Humas, dari Bikin Rilis Hingga Perkuat Media Sosial
Bawaslu Kalsel
Peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Kapasitas Kehumasan untuk Bawaslu kabupaten/kota se-Kalsel berfoto bersama komisioner Bawaslu Kalsel, Senin (11/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Kapasitas Kehumasan untuk Bawaslu kabupaten/kota se-Kalsel, Senin (11/3/2019).

Kegiatan itu, dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Kalsel, Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel beserta Kasubag serta diikuti oleh lebih dari 50 orang peserta dari Komisioner Bawaslu kabupaten dan kota serta staf humas.

Pada rakor yang digelar di Hotel Palm Banjarmasin bertema ‘Humas sebagai Wajah Bawaslu dalam Menyampaikan Informasi Secara Akurat dan Terpercaya’ ini, peserta yang merupakan staf humas bawaslu kabupaten dan kota dibekali materi terkait kehumasan.

Seperti penulisan berita yang sesuai dengan budaya dan karakter Bawaslu, penyelarasan kanal daring Bawaslu kabupaten/kota, sampai manajemen media sosial untuk menyasar para pemilih muda atau generasi millenial agar ikut berpartisipasi dalam mengawasi Pemilu. 

Baca: Jadwal Debat Ketiga Pilpres 2019 Cawapres KH Maruf Amin vs Sandiaga Uno, KPU Coba Atasi Ribut

Baca: Kesiapan Sandiaga Uno di Debat Ketiga Cawapres Pilpres 2019 Hadapi Ma’ruf Amin, Tidak Sikut Menyikut

Baca: Desy Ratnasari Blak-blakan Soal Maia Estianty dan Irwan Mussry, Sebut Soal Malu dan Tak Romantis

”Generasi millenial adalah sasaran dari humas kita yang bergerak di media sosial, dan tentunya harus dilengkapi dengan grafis yang menarik,” kata Doddy, salah seorang pemateri sekaligus Kasubag Hukum, Humas dan Hubungan Antar Lembaga (H3) Bawaslu Provinsi Kalsel.

Sementara itu, Kordiv Hukum Data dan Informasi Bawaslu Kalsel, Nur Kholis Majid juga menyampaikan materi dan arahan terkait pentingnya wajah Humas Bawaslu, sebagai peran penguat dan pondasi bagi lembaga. Sebab, menurut Majid, Humas ini lah yang akan menentukan kepercayaan masyarakat pada Bawaslu Kalsel.

Adapun untuk materi Manajemen Media Sosial, Bawaslu Kalsel mempercayakan pemateri dari Banjarmasin Post Group, disampaikan langsung oleh Manager Digital Muhammad Royan Naimi.

Royan mengatakan, salah satu kunci sukses bagi Bawaslu Kalsel dalam menggunakan medsos untuk menambah kepercayaan publik kepada  lembaga adalah konten yang informatif, frekuensi unggah yang konsisten serta penggunaan media sosial yang tepat untuk konten yang berbeda. Misalkan Instagam bisa dioptimalkan dengan grafis ketimbang memperpanjang teks caption.

Pada sesi terakhir, waktu hampir tengah malam, para peserta masih semangat untuk mengikuti teknis pembuatan produk jurnalistik khas Bawaslu yang diarahkan langsung oleh pemateri dari Tim Ahli Bawaslu RI, Masmulyadi.

Salah satu yang dibuat contoh olehnya adalah meminta para peserta untuk membuat press rilis mengenai pencabutan APK sekitar Bandara Syamsuddin Noor yang sedang viral di media sosial. (*)

Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved