Berita Tanahlaut

Bupati Sukamta Janji Bakal Memberikan Tambahan Insentif 284 Penyuluh Agama Tanahlaut

enyuluh agama yang menjadi ujung tombak pencegah perpecahan terkait agama di masyarakat masih mendapatkan honor dibawah UMR oleh pemerintah pusat.

Bupati Sukamta Janji Bakal Memberikan Tambahan Insentif 284 Penyuluh Agama Tanahlaut
banjarmasinpost.co.id/mariana
Pengukuhan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) agama Kalsel oleh Kakanwil Kemenag Kalsel di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Selasa (19/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANAHLAUT - Kesejahteraan penyuluh agama Islam di Kalsel dianggap masih memprihatinkan. Penyuluh agama yang menjadi ujung tombak pencegah perpecahan terkait agama di masyarakat masih mendapatkan honor di bawah UMR oleh pemerintah pusat.

Kakanwil Kemenag Kalsel Noor Fahmi menyatakan, sebelum 2019 penyuluh agama di Kalsel mendapatkan honor Rp 500 ribu per bulan, namun sejak Januari 2019 lalu honor penyuluh Naim menjadi Rp 1 juta.

Meski begitu, lanjut Noor Fahmi, nilai tersebut masih minim bagi penyuluh yang tugasnya sehari-hari harus berada di masyarakat.

"Yang berada di masyarakat itu penyuluh, tidak bisa saya atau bupati yang menangani semua masalah di masyarakat baik terkait ajaran sesat danasalah hoax," terangnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (19/3/2019).

Baca: Kunjungan Kedubes Finlandia dan Estonia Tak Bisa Dimanfaatkan Bisnis To Bisnis, Ini Kata Gubernur

Saat ini tambahnya jumlah penyuluh agama yang ada di Kalsel yaitu 1.222 penyuluh agama tenaga honorer dan 193 orang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dia mengatakan agar penyuluh bisa meluruskan jika ada ajaran sesat, radikalisme yang terjadi di masyarakat. Termasuk hoax, penyuluh tegasnya harus berani meluruskan jika ada hoax yang berkembang di masyarakat.

"Penyuluh jangan ada yang tinggal di kantor saja, tapi harus selalu ada di lapangan," ujarnya.

Senada, menurut Bupati Tanahlaut, H Sukamta, saat ini insentif dari Pemkab Tanahlaut juga masih minim yaitu sekitar Rp 300 ribu. Rencananya ujar Sukamta pihaknya akan menaikkan kembali gaji penyuluh agama agar kesejahteraannya lebih baik.

"Memang kita ada rencana ke sana, kalau memungkinkan di perubahan ya di perubahan nanti akan kita naikkan, nanti akan kami umumkan lah," ujarnya.

Jika dibandingkan dengan guru TK dan Paud di Tanahlaut misalnya terang Sukamta kini sudah mendapatkan insentif Rp 500 ribu sehingga wajar saja jika penyuluh agama di Tanahlaut bisa dinaikkan insentifnya.

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved