Berita Kotabaru

Jalan Kerap Tergenang, Rivai Janji Lakukan Pembenahan

Genangan air di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan disebabkan tidak berfungsinya drainase, terlebih saat hujan deras mengguyur.

Jalan Kerap Tergenang, Rivai Janji Lakukan Pembenahan
Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Genangan air di kawasan Jalan Veteran, Kotabaru, beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Genangan air di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan disebabkan tidak berfungsinya drainase, terlebih saat hujan deras mengguyur. Kondisi itu berlangsung sangat lama dan terus menjadi momok bagi masyarakat.

Kondisi itu kerap terjadi, apalagi dalam sepekan lebih, hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur. Namun, ironisnya, hingga kini belum ada tindakan kongkret yang dilakukan pemerintah daerah. Kecuali sebatas pembersihan saluran drainase padahal upaya tersebut dinilai belum maksimal.

Aadanya genangan ini, selain karena tidak berfungsinya drainase secara maksimal, indikator lainnya karena sebagian besar Daerah Aliran Sungai (DAS) berubah menjadi permukiman warga.

Seperti pernah diberitakan, lokasi genangan air terparah adalah kawasan Jalan Veteran atau Pal 1, Desa Baharu Selatan, Kecamatan Pulaulaut Utara. Untungnya genangan tersebut tidak berlangsung lama, saat hujan reda, genangan air pun menyurut.

Walau demikian, kondisi itu tetap menjadi momok masyarakat khususnya pihak pemerintah daerah. Pasalnya, genangan terjadi di wilayah dalam perkotaan.

Berdasarkan data Dinas Ciptakarya dan Tata Ruang Kotabaru, wilayah yang kerap terjadi genangan air saat hujan deras ada lima titik. Antara lain jalan poros H Agus Salim, Baharu, Veteran, Dirgahayu, dan GOR (gedung olahraga).

"Dari lima titik itu, baru kawasa Agus Salim yang aman. Sudah dibuatkan drainase yang termbus sampai ke laut," kata Kepala Dinas Ciptakarya dan Tata Ruang Kotabaru Akhmad Rivai. (*)

Penulis: Herliansyah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved