Berita HSS

Sebelum Kebakaran di Pasungkan Daha Utara, Kepulan Asap Terlihat Dari Plafon Rumah Almarhum Sakdiah

Kebakaran hebat di Desa Pasungkan Rt 03 Kecamatan Daha Utara, Hulu Sungai Selatan, Senin (22/7/2019) pukul 13.15 wita

Sebelum Kebakaran di Pasungkan Daha Utara,  Kepulan Asap Terlihat Dari Plafon Rumah Almarhum Sakdiah
BPBD HSS
Saat api berkobar di Desa Pasungkan Kecamatan Daha Utara, Hulu Sungai Selatan, Senin (22/7/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kebakaran hebat di Desa Pasungkan Rt 03 Kecamatan Daha Utara, Hulu Sungai Selatan, Senin (22/7/2019) pukul 13.15 wita membuat 13 keluarga kehilangan tempat tinggal, dari 10 unit bangunan rumah yang terbakar. Namun, belum diketahui penyebab kebakaran.‎

Hanya saja, berdasarkan keterangan saksi M Suri (40) buruh rehab kapal, api berasal dari kamar depan rumah almarhumah Sakdiah.

"Saksi saat itu melihat ada gumpalan asap sudah membumbung tinggi di bagian plafon kamar tersebut sekitar pukul 13.10 wita. banjarmasinpost.co.id, Senin malam ini.

Lokasi rumah asal api, berseberangan dengan bengkel kapat atau tempat jasa rehab kapal. Menyaksikan ada asap hitam tebal di rumah tersebut, saksi langsung memberitahu warga lainnya.

Baca: Sempat Elus Perut Ciri Syahrini Hamil Saat Lihat Putri Aisyahrani Keponakan Istri Reino Barack

Baca: Mobil Canggih Daihatsu Bidik Milenial

Baca: Jadwal Siaran Langsung Piala AFF U-15 2019 di SCTV, Timnas U-15 Indonesia vs Vietnam

Baca: Ini yang Bikin Banyak Ojol Lokal Gulung Tikar

Selanjutnya warga berupaya melakukan pemadaman dengan menyiramkan air menggunakan ember. Namun api makin membesar, dan dengan cepat menjalar ke rumah di sekitarnya yang terbuat dari kayu.

Api baru bisa dikendalikan setelah warga mendapat bantuan para relawan BPK dan PMK. Sekitar 30 menit, menurut warga tadi api sudah bisa dipadamkan dilanjutkan pembasahan lingkungan areal bangunan yang terbakar.

Kebakaran tersebut membuat tujuh bangunan rumah terbakar 100 persen, dua rumah terbakar 75 persen dan satu rumah terbakar 35 persen.

Total warga yang kehilangan tempat tinggal dan harta benda, berdasarkan data Taruna Siaga Bencana Dinsos HSS ada 38 orang, terdiri 13 Kepala Keluarga.

Baca: Dalang Pencuri Modus Congkel Mobil Dibekuk, Kaki Pelaku Ditembus Timah Panas Karena Melawan

Baca: JCH Kalteng Keloter 10 Masuk Asrama Haji, Calon Jemaah Haji Ini Diminta Jaga Nama Baik

Baca: Kerap Beraksi di Kapuas Timur, Pelaku Curas Lintas Provinsi Akhirnya Dibekuk di Gunung Mas

Bantuan logistik kebutuhan dasar pun telah disalurkan BPBD HSS kepada para korban. Mengenai korban yang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran tersebut, Camat Daha Utara, Luthfi mengatakan, sementara ditampung oleh keluarga masing-masing.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di Desa Pasungkat Kecamatan Daha Utara, Kabupaten HSS, Senin siang tadi sekitar pukul 13,15 wita. Kebakaran kali ini terbanyak selama 209 karena menghanguskan 10 unit bangunan rumah warga setempat. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved