Berita HSS

PT SAM Gandeng Warga Perangi Kebakaran Lahan, Pasokan Air Terbantu Embung di Area Perkebunan

PT SMA menggandeng warga di sekitar areal perkebunan di HSS untuk memantau kebakaran lahan

PT SAM Gandeng Warga Perangi Kebakaran Lahan, Pasokan Air Terbantu Embung di Area Perkebunan
banjarmasinpost.co.id/aya sugianto
Menggunakan perahu cis, dua orang pemadam kebakaran patroli memantau kawasan rawan titik api di sekitar area perkebunan sawit PT Subur Agro Makmur (SAM), anak usaha Grup Astra Agro Lestari yang letaknya di Desa Bajayau, Kecamatan Daha Barat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST, KANDANGAN - Panas terik menyelimuti kawasan Kecamatan Daha Barat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan Rabu (14/8/2019) siang.

Di bawah teriknya matahari, dengan menggunakan perahu cis (perahu mesin), Ibrahim, Wahyudin, Lukman bersama sejumlah rekannya tampak berkeliling patoli melalui saluran-saluran air di sekitar areal perkebunan kelapa sawit PT Subur Agro Makmur (SAM) anak usaha Grup Astra Agro Lestari yang letaknya di Desa Bajayau.

Melalui parit-parit yang dibangun di sekililing area perkebunan kelapa sawit PT SAM, mereka memantau sejumlah titik yang dinilai rawan kebakaran lahan.

Ibrahim, Wahyudin dan Lukman merupakan sebagian dari anggota relawan pemadam kebakaran dari desa di sekitar areal perkebunan sawit PT SAM.

Baca: Renovasi Stadion 17 Mei Dilelang Ulang, Ini Penjelasan Kadispora Kalsel

Baca: Ancaman Orang Dekat Ayu Ting Ting Saat Ibu Bilqis Dikaitkan Raffi Ahmad Ketika Doakan Ruben Onsu

Baca: Sultan Khairul Saleh Siapkan Kompleks Pemakaman Keluarga Kesultanan Banjar, Disini Lokasinya

Baca: Barito Putera U-16 Ingin Amankan Tiket 8 Besar, Andri Targetkan 3 Poin Saat Menjamu Persela

Mereka (para relawan pemadam kebakaran dari desa sekitar), diajak oleh PT SAM untuk bersama-sama menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang jadi 'musuh bersama' saat musim kemarau seperti saat ini.

Para relawan pemadam kebakaran ini tergabung dalam Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (TKTD) PT SAM, bersama tim pemadam kebakaran dari PT SAM sendiri tentunya.

"Sudah hampir tiga bulan kami di sini, bergantian dengan rekan-rekan di tim TKTD PT SAM, standby 24 jam untuk melakukan pencegahan dan pemadaman kebakaran lahan," kata Lukman, anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Daha Kecamatan Negara mewakili rekan-rekannya.

Mereka ditempatkan di pos-pos yang didirikan di area konsesi perkebunan sawit PT SAM yang luasnya kurang lebih 7000 hektar.

Selain itu, sebanyak sebelas menara-menara pantau titik api setinggi lima belas meter didirikan di sejumlah titik rawan kebakaran di arena konsesi perkebunan sawit PT SAM, bedekatan dengan pos-pos standby tim pemadam.

Banyaknya parit-parit serta embung penampungan air yang dibangun di area konsesi perkebunan sawit PT SAM juga sangat membantu para pemadam.

Halaman
123
Penulis: Rahmadhani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved